Bikin Kagum, Elang Tempur TNI AU Bentuk Formasi 77 di Langit Istana

Flypass pesawat tempur F-16 dengan formasi 77 di atas Istana Merdeka
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Sebanyak 14 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon milik TNI Angkatan Udara melakukan atraksi flypass di atas Istana Merdeka pada peringatan HUT Republik Indonesia ke-77, Rabu, 17 Agustus 2022.

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Bertindak sebagai flight leader tim yang diberinama Garuda Flight ini adalah  Mayor Pnb Bambang Aulia Yudhistira (Komandan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nuryadin, Pekanbaru) dan deputy leader Mayor Pnb Pandu Eka Prayoga (Komandan Skandron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun).

Garuda flight melakukan manuver dari atas podium kehormatan Presiden Jokowi dengan membentuk angka 77 sesuai dengan HUT RI tahun 2022 yang ke-77. Atraksi tersebut mengundang decak kagum para hadiri. 

8 Jenderal Pejabat Utama TNI AU Diganti, 2 Kolonel Melejit Pecah Bintang

Leader tim Garuda Flight ini Mayor Pnb Bambang Aulia Yudhistira

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Dari atas kokpit pesawat, flight leader Garuda Flight Mayor Pnb Bambang Aulia Yudhistira mengucapkan selamat HUT RI ke-77. 

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

"Kami elang-elang Angkatan Udara dibawah biru langit Ibu Kota. Mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022. Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Salam Swa Buana Paksa. Merdeka," kata Mayor Pnb Bambang Aulia.

Atraksi udara di atas langit Istana Merdeka ditutup dengan parade demo udara helikopter gabungan dari TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan Polri.

Tim dengan call sign Nusantara Flight itu dipimpin Letkol Pnb Immanuel Simarmata, alumni Akademi Angkatan Udara 2003.

Parade helikopter dengan membawa bendera Merah Putih raksasa d atas Monas

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Nusantara Flight yang merupakan formasi gabungan helikopter TNI-Polri yang terdiri dari helikopter AH-64 Apache TNI AD, helikopter AS-565 Mbe Panther TNI AL, helikopter TNI AU (EC-725 Caracal dan NAS-332 Super Puma) dan helikopter AW-169 Polri.

Nusantara Flight menggambarkan sinergitas dua komponen bangsa yang kokoh dalam menjaga keamanan dan pertahanan NKRI, yaitu TNI-Polri yang tangguh, solid dan profesional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya