Paskibraka Dapat Applause Jokowi, Kapten Arya Dwinanda Jadi Sorotan

Komandan Kompi Paskibraka Kapten Inf. Arya Dwinanda Wijayendra
Komandan Kompi Paskibraka Kapten Inf. Arya Dwinanda Wijayendra
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi memberikan tepuk tangan meriah kepada Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Sementara Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka.  

Usai Tim Paskibra yang dipimpin Kapten Inf. Arya Dwinanda Wijayendra melaporkan ke Presiden Jokowi selaku inspektur upacara bahwa pengibaran Sang Merah Putih telah selesai, Kapten Arya langsung diminta Presiden agar memimpin Tim Paskibra kembali ke tempat.

Presiden Jokowi memberikan tepuk tangan kepada Tim Paskibraka 2022

Presiden Jokowi memberikan tepuk tangan kepada Tim Paskibraka 2022

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

"Pengibaran Sang Merah Putih telah dilaksanakan. Laporan selesai," kata Kapten Arya. "Kembali ke tempat," sahut Presiden Jokowi. Kapten Arya Dwinanda langsung merapikan barisan dan memimpin Tim Paskibraka kembali ke tempatnya. 

Seketika itu tepuk tangan dari Presiden Jokowi yang disambut seluruh hadirin pun menggema memberikan apresiasi kepada Tim Paskibra 2022 ini. Presiden Jokowi cukup lama memberikan applause kepada Tim Paskibraka sembari tersenyum.

Seperti diketahui, Kapten Kapten Inf. Arya Dwinanda Wijayendra merupakan perwira TNI AD kelahiran Bandung, 15 Maret 1989, lulusan Akademi Militer tahun 2012. 

Saat ini, Kapten Inf Arya Dwinanda menjabat sebagai Komandan Kompi Senapan A Batalyon Infanteri 202/Tajimalela Brigif Mekanis 1 PAM Ibu Kota/JS Kodam Jaya yang bermarkas di Rawa Lumbu, Bekasi.

Paskibraka pengibar bendera merah putih saat peringatan HUT RI ke 77 di Istana

Paskibraka pengibar bendera merah putih saat peringatan HUT RI ke 77 di Istana

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Kapten Arya memimpin Tim Paskibraka yang terdiri dari 68 pemuda-pemudi yang berasal dari 34 provinsi. I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Utara, dan Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Tim Paskibraka 2022 ini disematkan nama Tim Pancasila Tangguh dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 15 Agustus 2022.

Pembentukan Paskibraka berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, para anggota Paskibraka tersebut juga mendapatkan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) oleh BPIP.