Potret Upacara HUT ke-77 RI di IKN Nusantara

Upacara HUT ke-77 RI di IKN Nusantara
Sumber :
  • VIVA/Jhovanda

VIVA Nasional – Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, menggelar upacara HUT Republik Indonesia (RI) ke 77, di titik 0 kawasan IKN, di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Upacara itu dipimpin langsung oleh Kepala Badan Otorita IKN, Bambang Susantono.

Antusias Sambut Idul Fitri, Kepala Otorita IKN Takbir Keliling

Dia mengatakan, upacara tersebut tidak sebesar di istana negara namun hanya apel kemerdekaan dan diikuti oleh pekerja-pekerja lapangan, TNI, Polri dan dinas terkait di PPU yang mengawal pembangunan IKN.

"Saya sudah izin ke Bapak Presiden Jokowi, bahwa saya akan menggelar apel kemerdekaan di titik 0. Apel ini membawa semangat pembangunan," katanya, 17 Agustus 2022.

Terpopuler: Anak Ajak Ayah Puasa Endingnya Jadi Muslim, Indonesia Negara Paling Positif di Dunia

Upacara HUT ke-77 RI di IKN Nusantara

Photo :
  • VIVA/Jhovanda

Ada yang unik pada apel tersebut, para pekerja lapangan membawa serta alat berat yang digunakan untuk membangun kawasan IKN. Dua buah excavator dan dua grader menghiasi jalannya apel kemerdekaan. Menurutnya, 4 alat berat tersebut sebagai tanda dimulainya pembangunan IKN yang tengah berlangsung.

Orang Ini Dipastikan Berkantor di IKN, tapi Bukan Jokowi

"Kita bawa alat berat, di sana itu. Tanda bahwa pembangunan IKN sudah berlangsung," ujarnya.

Dijelaskan dia, pembangunan IKN mulai dikerjakan. Dengan semangat kemerdekaan RI ke 77, pihaknya berharap pembangunan IKN akan berjalan lancar.

"Kita membawa semangat kemerdekaan, demikian juga untuk pembangunan IKN ini. Kita harus semangat agar pembangunan ini dapat berjalan sesuai target," katanya.

Dalam proses memulai pembangunan IKN, pihaknya mengikuti prosedur sesuai arahan pemerintah pusat. Termasuk duduk bersama dengan KPK membahas tata kelola pembangunan yang baik.

"Kita ingin pembangunan ini mengikuti tata kelola yang baik, kami bahkan bersama KPK membahas itu. Kita ingin semua sesuai dengan tahapan," ungkapnya.

Baca juga: Cerita Prabowo Izin ke Jokowi untuk Joget saat Perayaan HUT ke-77 RI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya