HUT RI ke-77, Puan Ingatkan Indonesia Hadapi Tantangan yang Tak Ringan

Puan Maharani Sidang Tahunan MPR 2022
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional - Ketua DPR Puan Maharani menyatakan tugas membangun bangsa dan negara Indonesia ke depan menghadapi tantangan dan kendala yang tidak ringan. Indonesia masih menghadapi ketidakpastian situasi Pandemi COVID-19, konflik geopolotik, pemulihan ekonomi global di tengah kerentanan pangan, energi, pengangguran, kebijakan moneter global dan sebagainya.

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

Dituntut Punya Kemampuan

"Di tengah tuntutan era globalisasi, bangsa Indonesia juga semakin dituntut memiliki kemampuan dan kekuatan di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya," kata Puan, Rabu, 17 Agustus 2022.

Gerindra: PDIP di Luar atau Dalam Pemerintahan Sama-sama Baik

Ketua DPR RI Puan Maharani saat rapat tahunan MPR 2022

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Ia mengatakan masyarakat Indonesia punya kewajiban moral dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian berlandaskan Pancasila.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Baca juga: Baru 43 UU Disahkan, Puan: DPR dan Pemerintah Utamakan Kualitas

Banyak Cara yang Bisa Dilakukan

Cucu Proklamator RI Bung Karno ini menyebut, banyak cara bagi anak bangsa berpartisipasi membangun kekuatan nasional. Puan mengatakan, hal itu dapat dilakukan lewat peran dan porsi masing-masing setiap warga negara.

“Termasuk lewat profesi atau bidang yang diemban sehingga dapat berprestasi dan memberikan sumbangsih lewat caranya sendiri-sendiri,” katanya.

Ketua DPR, Puan Maharani, saat meninjau aktivitas siswa di sekolah.

Photo :
  • Dok. DPR.

Puan menilai semua bentuk partisipasi dalam menyusun dan membangun Indonesia tersebut akan memberikan energi yang positif apabila ditujukan untuk memajukan Indonesia. Maka arah dari kerja bersama itu pun akan memberikan energi yang positif dalam produktivitas memajukan Indonesia dan memperkuat kebersamaan rakyat.

“Serta mempersatukan rakyat, meneguhkan Pancasila, memperkuat semangat kebangsaan Indonesia, dan membudayakan kepribadian bangsa Indonesia. Suatu jiwa pengabdian untuk bangsa dan negara. Dirgahayu Indonesia. Merdeka,” kata Puan.

Masih Pandemi

Dengan tema ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’, Puan mendorong masyarakat tetap gembira dalam merayakan HUT ke-77 RI. Meski Indonesia masih dalam kondisi Pandemi COVID-19, ia berharap rakyat Indonesia terus semangat membangun gotong royong dan kerja sama.

Puan pun mengajak masyarakat menyemarakkan momen peringatan Kemerdekaan Indonesia dengan berbagai kegiatan, seperti lomba-lomba khas 17 Agustusan di lingkungan rumahnya masing-masing.

“Lomba 17 Agustusan seperti balap karung, makan kerupuk, dan lain sebagainya adalah hal yang selalu kita rindukan dalam memperingati Hari Kemerdekaan. Lewat lomba dan kegiatan khas 17 Agustusan lainnya, diharapkan semangat kebersamaan di tengah masyarakat akan terus bertumbuh,” kata Puan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya