Mahfud MD: ASN Harus Adaptasi Wujudkan Birokrasi Efektif dan Efisien

Menko Polhukam Mahfud MD.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional - Pelaksana tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Mahfud MD meminta aparatur sipil negara atau ASN bisa menghadapi tantangan multidimensi. Sebagai tonggak dari birokrasi, ASN diharapkan dapat menghadapi tantangan tersebut dengan menerapkan adaptasi.

Cegah Kecurangan dalam Seleksi ASN, Menpan-RB Siapkan Teknologi Face Recognition

Menurut Mahfud, adaptasi tersebut dapat dilakukan dalam pembuatan kebijakan dan implementasinya. Selain itu, juga dalam peningkatan keahlian dan kompetensi.

Pun, terkait adopsi, bisa dilaksanakan dengan penerapan sistem dan teknologi yang relevan dengan tuntutan era digital dan pandemi global. 
 
“Kita berupaya untuk mewujudkan birokrasi yang lebih efektif dan efisien yang didukung oleh manajemen ASN masa depan yang lebih agile dan dinamis," kata Mahfud saat jadi Inspektur Upacara HUT RI di halaman Kantor Kementerian PANRB, Rabu 17 Agustus 2022.

Belum Tentukan Jadi Oposisi atau Gabung Pemerintah, Hanura Lihat Dinamika Politik

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Mahfud MD menegaskan tahun ini merupakan tahun yang spesial bagi Indonesia karena dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20. 

TKN Sebut Ada Parpol Pengusung Anies dan Ganjar Segera Gabung ke Prabowo-Gibran

Menurut dia, sebagai salah satu anggota dalam forum G20, Indonesia bukan hanya memperjuangkan kepentingan nasional pada tingkat global. Kata dia, Indonesia juga menjadi suara dari negara berkembang yang berkontribusi bagi penyelesaian berbagai permasalahan ekonomi atau tantangan yang dihadapi dunia.

Dalam kesempatan itu, Kementerian PANRB memberi penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun bagi pegawai. Selain itu, juga dilakukan pemberian penghargaan pegawai teladan dan pegawai yang memasuki masa Purnabakti.

Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) pulang kantor dari Balai Kota.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Menurut dia, penghargaan tersebut diberikan untuk jadi motivasi para pegawai untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Ia juga mengajak ASN agar terus berkarya dan berkinerja yang selalu bangga melayani bangsa. 

"Sebagai apresiasi terhadap ASN yang telah menyelesaikan masa tugasnya, penghargaan purnabakti juga kami berikan atas segala jasa dan bakti kepada bangsa dan negara. Kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan kinerja yang telah diberikan kepada bangsa dan negara,” tutur Mahfud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya