40 Napiter Ikrar Setia NKRI, Pengamat: Bentuk Edukasi yang Positif

Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menyelenggarakan Ikrar Setia NKRI terhadap 40 orang narapidana terorisme di Lapas Narkotika Kelas IIA, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin, 15 Agustus 2022.
Sumber :
  • BNPT

VIVA Nasional - Sebanyak 40 napi terorisme atau napiter menyatakan ikrar setia kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kejadian itu dapat perhatian dari pengamat sekaligus Akademisi dari Universitas Esa Unggul Iswadi.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Dia memuji kinerja Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di bawah kepemimpinan Komjen Pol. Boy Rafli Amar. Dia menekankan 40 napiter yang menyatakan ikrar itu juga berkat kinerja BNPT.

“Kita juga menyampaikan penghargaan tinggi  atas kinerja Kepala BNPT, Komjen Boy Rafli Amar dan jajarannya yang  berhasil memberikan kado spesial untuk Hari Kemerdekaan Indonesia dengan Ikrar setia 40 Napiter kepada NKRI ini “ kata Iswadi, dalam keterangannya yang dikutip pada Kamis, 18 Agustus 2022.

72 Narapidana Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI

Kepala BNPT Boy Rafli Amar serahkan bendera merah putih ke napi terorisme.

Photo :
  • Istimewa

Iswani menyampaikan dengan ikrar dari 40 napiter yang terafiliasi jaringan JI dan JAD  untuk berpegang teguh pada Pancasila dan NKRI merupakan suatu pencapaian BNPT.
Bagi dia, selama ini, BNPT sudah bekerja keras untuk membersihkan paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air secara sistematis serta bertahap. 

Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel

“Ikrar ini juga bentuk edukasi yang positif kepada masyarakat untuk tidak terpengaruh radikalisme dan terorisme," lanjut Iswadi. 

Pun, dia berharap agar BNPT dengan strategi pentahelixnya bisa terus bersinergi dengan masyarakat. Selain itu, bisa terus menggalang berbagai elemen bangsa untuk bersama melawan radikalisme. Kemudian, menggalakkan pencegahan dan deradikalisasi.

Lima Eks Napi Terorisme Hormat Terhadap Bendera Merah Putih saat HUT RI ke-75.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Sebelumnya, BNPT bersama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kemenkumham menyelenggarakan ikrar setia NKRI yang dilakukan 40 napiter. Hal itu dilakukan di Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Senin, 15 Agustus 2022.

Ikrar para napiter itu dinilai sebagai tekad dan pembuktian untuk meninggalkan segala bentuk aktivitas terorisme. 

Sementara, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan ikrar setia 40 napiter ini jadi hadiah bagi Kemerdekaan Republik Indonesia  Ke-77 tahun. 

"Bertepatan dengan hari kemerdekaan 77 tahun Indonesia, ini menjadi hadiah yang luar biasa untuk masyarakat, bangsa dan negara, jangan ragu-ragu menjalankan dan mengamalkan itu," kata Boy Rafli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya