Jokowi Tegur Menhub dan Menteri BUMN Soal Harga Tiket Pesawat Tinggi

Presiden Jokowi di Silatnas PPAD
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo, menyampaikan sambutannya saat meresmikan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Inflasi Tahun 2022, di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 18 Agustus 2022. Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan jajaran untuk bekerja sama dalam upaya pengendalian inflasi di tanah air.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Salah satu yang disinggung oleh Presiden Jokowi adalah mengenai harga tiket pesawat yang tinggi. Menurut Jokowi, hal ini harus segera diselesaikan karena tingginya harga pesawat akan berpengaruh pada peningkatan inflasi.

Penurunan Harga Tiket Pesawat LCC

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Jokowi mengatakan telah mendengar keluhan masyarakat terkait tingginya harga tiket pesawat. Dia juga telah memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk segera mencari solusi tingginya harga tiket pesawat ini.

"Di lapangan saya dengar juga keluhan harga tiket pesawat tinggi, udah langsung saya bereaksi Pak Menhub sudah Saya Perintah segera ini diselesaikan," kata Jokowi, di Istana Negara, Kamis 18 Agustus 2022.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Selanjutnya, selain Menteri Perhubungan, Jokowi juga meminta perusahaan maskapai penerbangan plat merah untuk mengatasi permasalahan ini. Dia telah meminta Erick Thohir untuk menyampaikan arahan kepada PT Garuda Indonesia, Tbk untuk menambah armada pesawat sehingga harga tiket bisa lebih stabil

"Garuda, Menteri BUMN juga saya sampaikan segera tambah pesawatnya agar harga bisa kembali pada keadaan normal," kata Jokowi

Namun meski begitu, Jokowi juga menyadari, tingginya harga pesawat tak sepenuhnya karena armada pesawat. Ada faktor lainnya yaitu seperti harga bahan bakar jenis Avtur yang saat ini tengah melambung tinggi akibat harga minyak dunia yang mengalami peningkatan.

"Meskipun itu tidak mudah karena harga avtur internasional juga tinggi," ujar Jokowi

Pengisian avtur di pesawat

Photo :
  • Pertamina

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada bulan Juli 2022 secara bulanan sebesar 0,64 atau 4,94 persen secara tahunan (year on year). Dalam hal ini inflasi 4,94 persen menjadi yang tertinggi sejak Oktober 2015.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, pemantauan itu dilakukan di 90 kota di Indonesia. Di mana untuk penyumbang inflasi Juli 2022 berasal dari kenaikan harga cabai merah, tarif angkutan udara, bawang merah, bahan bakar rumah tangga, dan cabai rawit.

"Berdasarkan tingkat inflasi tahun kalender pada Juli 2022 sebesar 3,85 persen, sementara tingkat inflasi tahun ke tahun Juli 2022 sebesar 4,94 persen. Ini merupakan inflasi yang tertinggi sejak Oktober tahun 2015," ujar Margo, Senin 1 Agustus 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya