Menko PMK Muhadjir Ungkap Ustaz Baasyir Sudah Berubah Drastis

Menteri PMK Muhadjir Effendy dan Pendiri Ponpes Al Mukmin Abu Bakar Baasyir.
Menteri PMK Muhadjir Effendy dan Pendiri Ponpes Al Mukmin Abu Bakar Baasyir.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, angkat bicara mengenai dirinya yang menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Jawa Tengah pada 17 Agustus 2022 lalu. 

Menurut Muhadjir, sebelum jadi inspektur upacara, dirinya terlebih dahulu meminta izin ke Presiden Joko Widodo.

"Ya biasa lah Alhamdulillah ini kan upacara HUT RI pertama kali di Ngruki  dan kemudian Saya diundang untuk pimpin jadi inspektur upacara. Saya izin presiden dan presiden setuju," kata Muhadjir, Jumat 19 Agustus 2022.

 Pendiri Al Mukmin Ngruki Abu Bakar Baasyir mengikuti upacara HUT ke-77 RI.

Pendiri Al Mukmin Ngruki Abu Bakar Baasyir mengikuti upacara HUT ke-77 RI.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

Menurut Muhadjir, Ngruki saat ini sudah banyak mengalami perubahan. Termasuk pimpinan pondok pesantren, Abu Bakar Baasyir, menurutnya sudah dapat menerima pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

"(Ngruki) Sudah banyak berubah, termasuk Ustaz Baasyir sudah sampaikan secara terbuka bagaimana sikap beliau terhadap pancasila. Saya kira perubahan sangat drastis itu bahkan saya juga kaget bahwa ternyata beliau atas keinginan sendiri untuk ikut upacara," kata Muhadjir.

Muhadjir mengatakan, saat ini Abu Bakar Baasyir sudah mau mengikuti upacara tanpa disuruh. Bahkan meski merasa kesulitan untuk berdiri, Baasyir berusaha mengikuti upacara hingga selesai.

"Itu tidak kita suruh lho, beliau betul-betul ingin. Walau beliau tak bisa berdiri lama karena harus duduk, tapi beliau ingin hadir sendiri dan waktu kita nyanyi lagu Indonesia raya beliau juga sama-sama ini suatu hal bagus," ujarnya.