Pernah Jadi Wakil Menteri PUPR, Ini Profil Hermanto Dardak

Hermanto Dardak
Sumber :

VIVA Nasional – Berita duka kembali menyelimuti dunia politik Indonesia. Mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum yang juga ayah dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, yaitu Hermanto Dardak, dikabarkan telah meninggal dunia pada Sabtu pagi, 20 Agustus 2022.  

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Hermanto Dardak mengalami musibah kecelakaan di ruas tol Pemalang-Batang KM 341+400 arah Jakarta sekitar pukul 03.00 dini hari. Saat ini, jenazah Hermanto Dardak masih berada di RS Poso Pekalongan. Berikut profil Hermanto Dardak, yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum PII:

Profil Hermanto Dardak 

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Wakil Menteri PU Hermanto Dardak

Photo :
  • www.pu.go.id

Ir. Ahmad Hermanto Dardak M.Sc, Ph.D, yang lebih sering disapa Hermanto Dardak adalah seorang insinyur sipil Indonesia dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) pada periode 2015-2018. 

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah pada periode 2014−2016 dan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia pada periode 2010−2014. 

Herman Dardak lahir pada 6 Januari 1957 di Tranggalek, Jawa Timur. Sejak awal ia memang bercita-cita menjadi seorang insinyur sipil. Ia menikah dengan Sri Widayanti, dan dikaruniai empat orang anak, yang bernama Emil Elestianto (yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur), Eril Elestianto dan Eron Ariodito. Herman memiliki hobi bermain musik dan basket. 

Herman menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung pada 1957 dan lulus pada 1980. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan Master Teknik Sipil di Universitas New South Wales, Australia dan lulus pada 1985. Herman kemudian melanjutkan pendidikannya untuk mendapat gelar Doktor di Universitas New South Wales, Australia dan lulus pada 1990.

Wakil Menteri PU Hermanto Dardak

Photo :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

Sebelum menjabat sebagai Wamen dan Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Herman juga pernah mengemban amanah sebagai Kepala Biro Perencanaan Pekerjaan Umum, Kepala Pusat Kebijakan Pekerjaan Umum, Dirjen Penataan Ruang Pekerjaan Umum serta Dirjen Bina Marga Pekerjaan Umum. 

Pada tahun 2014, ia menjadi orang Indonesia pertama yang memperoleh penghargaan paling bergengsi dunia di bidang pembangunan jalan (Road Sector), yaitu International Road Federation (IRF) Professional of the Year.

Selain itu, ada beberapa penghargaan bergengsi lainnya yang pernah ia terima, yaitu Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia, Honorary Fellow dari Institution of Engineer Asia, Distinguish Alumni Award Australia, Insinyur Profesional Utama dari Persatuan Insinyur Indonesia (PPI) dan terakhir Legacy Award dari Ikatan Ahli Perencana (IAP)

Selamat jalan Hermanto Dardak, terima kasih atas jasamu untuk Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya