Hasto: Bu Mega Sudah Serahkan Nama Calon Pengganti Tjahjo ke Jokowi

Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri di Ruang Tunggu Istana Negara Jakarta
Sumber :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menyatakan pihaknya telah menyerahkan nama pengganti dari almarhum Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) yang meninggal dunia kepada Jokowi.

Jokowi Beri Sinyal Kelanjutan Insentif Mobil Hybrid

Hasto mengatakan, ada lebih dari satu nama kader PDIP yang diajukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Menpan-RB. 

"Ya pada hari Kamis yang lalu Ibu Mega (Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri) sudah bertemu dengan Presiden Jokowi dan nama-nama sudah diserahkan," kata Hasto di Jakarta, Selasa, 23 Agustus 2022.

Megawati Resmi Perpanjang Kontrak dengan Red Sparks, Ternyata Segini Kenaikan Gajinya di Musim Depan

Baca juga: Komnas HAM Sebut Ferdy Sambo Ingin Bebaskan Bharada E

Menurut Hasto, penyerahan nama tersebut telah sesuai sistem presidensial yang diterapkan di Indonesia. Dalam sistem pemerintahan itu, kata dia, maka presiden lah yang berhak memutuskan siapa nama yang dipilih menggantikan Tjahjo. 

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

"Sehingga nama-nama sudah diserahkan. Sehingga bapak presiden Jokowi lah yang akan menetapkan dan akan menentukan kapan momentumnya," kata Hasto. 

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (tengah).

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari.

Ditanya nama-nama yang diserahkan kepada Jokowi, Hasto enggan menjawab. Dikatakan Hasto, sebelumnya PDIP menyarankan agar Jokowi mengambil jeda waktu untuk memutuskan siapa pengganti Tjahjo, setelah 40 hari masa berkabung selesai. 

Menurutnya, hal tersebut, kini sudah terlampaui. Dengan demikian, dalam waktu dekat, PDIP menyebut Jokowi akan mengumumkan nama itu. 

"Itu sudah terpenuhi dan sekarang presiden lah yang nanti akan mengumumkan siapa pengganti Pak Tjahjo," kata Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya