Langkah Nyata KLHK Tekan Emisi

Ilustrasi emisi gas rumah kaca.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Nasional – Sekretaris Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Kelola Lingkungan (PKTL) Kementerian LHK, Hanif Faisol mengatakan, pemerintah terus mendorong dan merealisasikan program penurunan emisi sebagai langkah kongkrit atas kesepakatan dunia internasional

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

Hal ini ditandai dengan adanya sosialisasi di berbagai wilayah Indonesia oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK-RI). 

Ilustrasi hutan.

Photo :
  • dw
Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

"Jadi ini merupakan komitmen pemerintah Indonesia melalui Forest and Other Land Uses Sink atau FoLU Net Sink 2030," ujar Hanif dalam keterangan persnya, Rabu 24 Agustus 2022.

Hanif menjelaskan, saat ini program tersebut sudah pada tahap perencanaan operasional. "Jadi kita sudah tidak lagi bicara soal rencana aksi, melainkan sudah kepada operasional," tambahnya. 

Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia

Pada kesempatan tersebut, Hanif menyatakan apresiasinya terhadap Pemprov Lampung atas dukungan pemerintah terhadap program FoLU Net Sink 2030. 

Ilustrasi/Proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Barat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

"Kami sangat mengapresiasi Pemprov Lampung yang telah melakukan akselerasi dan langkah-langkah dalam mengimplementasikan program nasional ini," kata dia. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menyebutkan, bahwa pihaknya juga telah memiliki program mengenai penurunan emisi. 

"Kita mendukung penuh program ini, dan telah ditetapkan melalui Peraturan Gubernur No 32 a, Tahun 2012. Hal ini tentunya kami lakukan, selain mendukung pemeintah pusat, tapi juga kami menyadari bahwa penurunan emisi bukan lagi menjadi isu internasional, melainkan persoalan lokal," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya