Video Tumpukan Dolar Senilai Rp900 M di Rumah Sambo, Ini Faktanya

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo
Sumber :
  • Polri

VIVA Nasional - Polri telah menegaskan video viral terkait temuan uang Rp900 miliar di bunker rumah mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo merupakan informasi bohong.

Polri Diminta Usut Tuntas Kasus Dugaan TPPU Panji Gumilang Kedok Pondok Pesantren

Kasus Uang Palsu di AS

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan video temuan yang viral itu bukan berasal dari rumah Sambo. Melainkan, merupakan video temuan kasus dolar palsu di Atlanta, Amerika Serikat, pada 2021 lalu.

Dirjen PSP Kementan Bilang SYL Tak Pernah Minta Uang, Hakim Ingatkan Jangan Menyusahkan Diri

Rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Kompleks Polri Duren Tiga, Pancoran, Jakarta.

Photo :
  • VIVA/ Anwar Sadat.

"Setelah ditelurusi oleh tim, ternyata video tersebut pernah ditayangkan oleh Global Chemical Laboratory tanggal 18 Juli 2021 terkait temuan uang palsu di Atlanta USA," kata Dedi dalam keterangannya, Rabu, 24 Agustus 2022.

Polisi Usul WFH di Bali saat World Water Forum Berlangsung Supaya Tidak Macet

Baca juga: Viral Isu Bunker Rp 900 Miliar Ferdy Sambo, Mabes Polri: Tidak Benar!

Tidak Ditemukan Bunker Rp900 Miliar

Dedi menjelaskan dalam penggeledahan di tiga rumah Sambo, kepolisian memang turut menyita sejumlah barang bukti. Namun, dari sejumlah barang bukti itu tidak ada ditemukan bunker berisi Rp900 miliar yang disita.

Adapun dalam proses penggeledahan tersebut, penyidik Polri didampingi pihak pengacara, ketua RT hingga pihak keluarga.

Pra Rekonstruksi di TKP penembakan Brigadir J, rumah Irjen Ferdy Sambo.

Photo :
  • VIVA/Anwar Sadat

"Apa saja yang disita itu untuk pembuktian nanti di persidangan. Timsus melakukan penyidikan dengan langkah pro justitia," katanya.

Viral di Media Sosial

Sebelumnya, viral di media sosial temuan bunker berisi uang Rp900 miliar di rumah mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. Temuan itu diperoleh dari hasil penggeledahan pada Selasa, 9 Agustus 2022 lalu.

Penggeledahan tersebut dilakukan di tiga rumah Sambo, di antaranya, rumah dinas Irjen Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan dan satu rumah lainnya di Jalan Bangka, Jakarta Selatan.

Mabes Polri kemudian buka suara terkait viral informasi yang menyatakan temuan bunker berisi uang Rp900 miliar di rumah mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. Informasi mengenai temuan itu dipastikan tidak benar.

"Atas informasi dari timsus yang melakukan penggeledahan di beberapa tempat Irjen FS, untuk informasi mengenai bunker Rp900 miliar tidak benar," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya