Legislator Demokrat Singgung Polisi di Pusaran Brigadir J Abai LHKPN

Anggota Komisi III DPR Didik Mukrianto dalam sidang doktor
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto melihat masih banyak anggota Polri yang tidak patuh dalam melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi.

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran

Hal tersebut disampaikan Didik dalam rapat kerja dengan Kepala Ppolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan materinya terkait kematian Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat serta mantan kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Ferdy Sambo.

"Mohon maaf, beberapa berita kami membaca--bahkan bagaimana seorang anggota Polri yang notabane sebagai penegak hukum harus patuh pada hukum--ada berita-berita yang menyatakan, beberapa disebut terlibat di sini (dalam pusaran kasus kematian Brigadir J), tidak patuh menyampaikan LHKPN," kata Didik.

AHY Cuti Demi Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo RDP dengan Komisi III

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Namun, dia tidak menyebutkan siapa anggota Polri yang dimaksud. Menurut dia, Kepala Polri memang telah membuat payung hukum yang melarang anggotanya bergaya hidup mewah.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

"Tapi kita juga tidak bisa menutup mata, bahwa masih ada juga oknum-oknum polisi yang kemudian memamerkan dalam gaya hidup mewah," ujar anggota Fraksi Partai Demokrat itu.

Dalam kondisi ini, kata Didik, tentu ada persoalan dengan pengawasan internal Polri dan persoalan terkait dengan pembinaan sumber daya manusia Polri. Tentu, Didik yakin kepada Kepala Polri dan setuju dalam memberikan pembinaan bahwa masih banyak sekali anggota Polri punya dedikasi dan integritas yang baik.

Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Pol Ferdy Sambo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Saya percaya 100 persen. Tapi bukan itu justifikasinya, karena Polri punya peranan tanggung jawab yang besar. Ini tidak bisa kita abaikan membuat image Polri," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya