Budi Gunawan: Pengalihan Subsidi BBM untuk Bela Rakyat Miskin

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA Nasional – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan menilai penyesuaian harga atau pengalihan subsidi BBM merupakan bentuk keberpihakan negara terhadap masyarakat kelas bawah.

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

"Penyesuaian harga atau pengalihan subsidi BBM untuk perlindungan dan jaminan kesejahteraan rumah tangga masyarakat kelas bawah," ujar Budi dalam keterangan resmi.

Ilustrasi harga BBM.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
Kepala BIN Lepas Jakarta BIN dan STIN BIN Untuk Proliga 2024, Megawati Ungkap Harapan

Budi menuturkan kebijakan pengalihan subsidi bbm sebagai langkah untuk mewujudkan azas keadilan dan mengoreksi kebijakan lama yang kurang tepat.

Lebih lanjut, Budi berkata pemerintah pun telah menyiapkan bantalan bagi masyarakat terdampak. Bahkan, dia menilai kebijakan itu merupakan momentum untuk mengakselerasi transisi energi yang berkelanjutan, efesiensi di kementerian/ lembaga, pemda, BUMN, dan BUMD. 

Kepala BIN: Kita Sangat Optimis, Tim Voli BIN Bisa Jadi Juara Proliga 2024

"Serta pembenahan data rujukan untuk cegah meluasnya kemiskinan ekstrem melalui bansos yang tepat sasaran," ujar Budi.

Ilustrasi Nozzle BBM.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Di sisi lain, purnawirawan bintang empat Polri ini menyampaikan analisis intelijen ekonomi menunjukkan situasi global akan memberikan tekanan ekonomi ke seluruh negara. 

"Pemerintah akan mengantisipasi ini melalui desain APBN yang melindungi kelompok rentan secara lebih efektif,” ujar Budi.

Budi juga meyakini kebijakan ini dapat diterima oleh masyarakat secara mayoritas. Sehingga situasi keamanan dapat terkendali. Adapun penolakan dinilai sebagai hal yang wajar dan merupakan bentuk demokrasi.

Lebih dari itu, Budi menyampaikan pemerintah bersama masyarakat siap mengakselerasi proses transisi energi sehingga ke depan Indonesia dapat memiliki energi yang mandiri dan berkelanjutan.

Baca juga: Faisal Basri Sarankan Subsidi BBM Dihapus Secara Permanen

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya