Dugaan Penyebab Ikan Dewa Mati Mendadak di Kuningan

Ikan dewa mati di Kuningan Jawa Barat dikuburkan
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Nasional – Ikan Dewa yang berada di objek Wisata Cibulan, Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan Jawa Barat jadi sorotan karena ditemukan mati massal. 20 ekor ikan tersebut mati berbarengan Selasa, 30 Agustus 2022.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Diketahui, Ikan Dewa sendiri merupakan salah satu ikon wilayah setempat yang terbilang unik. Pengelola Wisata Cibulan, H Didi mengatakan jika pihaknya belum bisa memberikan keterangan apapun terkait peristiwa tersebut.

"Kita tidak bisa ber-statement apapun kecuali setelah ada kejelasan lab," jelas Didi dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis 1 September 2022.

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Jenis dan Bahaya Napza Bikin Melongo!

Didi menerangkan, Ikan Dewa yang bertahan di kolam yang sama masih sangat banyak. Saat ini kolam sudah dikuras terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. "Ini musibah, tidak ada yang tahu," tegasnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Hermansyah menjelaskan, kemungkinan penyebab matinya Ikan Dewa itu karena perbuahan parameter air yang mendadak.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

"Prakiraan penyebab mungkin karena ada fluktuasi parameter air yang mendadak, atau pemberian makanan oleh pengunjung, atau karena zat tertentu lainnya yang ada dalam air pada saat terjadi kematian," kata Hermansyah.

Dari hasil pengecekan kualitas air di Objek Wisata Cibulan, hasilnya jika kualitas air memenuhi syarat untuk budi daya ikan tersebut.

"Saat ini sudah dikirimkan sampel ikan yang mati ke BKIPM Cirebon untuk diuji lebih lanjut dan belum ada informasi hasil pengujiannya. Sementara mungkin itu informasi yang didapatkan, apabila ada informasi terbaru akan dikabari secepatnya," tukas Hermansyah.

Melansir laman resmi Desa Maniskidul, konon Ikan Dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah. Bahkan terdapat kepercayaan, jika barang siapa yang berani mengganggu atau mengambil ikan tersebut maka akan mendapatkan musibah atau kemalangan. 

Baca juga: Viral Pria Tebar 'Uang' ke Laut demi Dapat Ikan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya