Komnas HAM Dapatkan Foto-foto Kondisi TKP Usai Penembakan Brigadir J

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Nasional – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengaku telah memegang banyak barang bukti berupa foto, terkait kasus pembunuhan Brigadir Nofryansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J

"Komnas HAM mendapatkan beberapa foto yang menunjukkan kondisi tempat kejadian perkara sesaat setelah peristiwa penembakan Brigadir J," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam konferensi pers, Kamis, 1 September 2022.

Menurut Anam, foto-foto tersebut berkaitan dengan kondisi tempat kejadian perkara penembakan, posisi jenazah Brigadir J, hingga senjata dan peluru yang digunakan untuk menembak. Selain itu, ada juga foto yang menunjukkan anggota kepolisian tengah melakukan konsolidasi di tempat kejadian perkara (TKP) penembakan.

Komisoner Komnas HAM, M Choirul Anam

Komisoner Komnas HAM, M Choirul Anam

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

"Yang berikutnya, terdapat foto anggota kepolisian yang diduga mengkonsolidasi tempat kejadian perkara beberapa saat setelah peristiwa kejadian. Ini yang kita maksud adalah kita dapatkan beberapa foto penting pada tanggal 8," ujarnya.

Anam menjelaskan, upaya konsolidasi itu salah satunya terjadi saat berubahnya lokasi tempat kejadian perkara dugaan pelecehan yang dialami istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Seharusnya, dugaan pelecehan itu terjadi di Magelang, Jawa Tengah.

"Seharusnya ini terjadi di Magelang, tapi ditaruh di Duren Tiga, rumah dinas (lokasi penembakan). Ini bagian dari konsolidasi TKP," kata Anam.

Halaman Selanjutnya
img_title