Plakat Penghargaan IRRI Untuk Jokowi Ternyata Buatan Kementan RI

Presiden Jokowi saat menerima Plakat Penghargaan IRRI
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Penghargaan berupa plakat dari International Rice Research Institute atau IRRI kepada Presiden Joko Widodo menjadi sorotan. Sebab, plakat yang diterima oleh Presiden Jokowi itu ternyata buatan Kementerian Pertanian.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Hal ini terungkap saat Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mencecar Kementerian Pertanian mengenai Plakat tersebut dalam rapat kerja DPR bersama dengan Kementan Rabu 31 Agustus 2021. Dalam rapat kerja itu, Sudin menanyakan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono terkait Plakat itu.

"Pak Kasdi saya tanya, Presiden mendapatkan penghargaan IRRI, yang buat plakatnya siapa? Jawab jujur loh," kata Sudin mencecar Kasdi soal Plakat IRRI pada saat Rapat Kerja Komisi IV DPR dengan Kementan RI

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Presiden Jokowi tanam padi bersama petani di Jawa Timur.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Kemudian, Kasdi tak membantah dan mengakui bahwa Plakat IRRI yang diberikan ke Jokowi adalah buatan Kementerian Pertanian RI. Namun menurutnya Plakat itu dibuat berdasarkan sertifikat penghargaan tersebut.

UU Pemilu Perlu Direvisi sebagaimana Pertimbangan MK, Menurut Anggota DPR

"Iya Pak. Jadi dari sertifikat kita konversi ke plakat, yang membuat plakat kita pak," kata Kasdi menjawab pertanyaan Sudin

"Berapa nilainya? bapak nggak tahu?," tanya Sudin lagi

Sudin kemudian ragu-ragumau menjawab mengenai harga Plakat itu. Belum sempat Kasdi menjawab mengenai harga Plakat yang dibuat, Sudin langsung memotong dan memberitahu harga Plakat itu.

"Iya, saya kasih tahu nilainya Rp8 juta Pak. Jadi plakat itu bukan dari IRRI, dari Kementerian Pertanian ya. Ini jelas loh ya. Jadi jangan ada tipu-tipu sama saya," ujar Sudin.

Perwakilan IRRI untuk Indonesia, Hasil Sembiring mengklarifikasi mengenai hal tersebut. Menurutnya, pembuatan plakat sudah melalui mekanisme panjang dan juga pertemuan berkali-kali sejak beberapa tahun lalu. 

Menteri Pertanian Amran Sulaiman bersama Presiden Jokowi.

Photo :

Hasilnya, IRRI memutuskan untuk membuat plakat di Indonesia karena mempertimbangkan efisiensi dan mengkonvensinya melalui sertifikat plakat. "Saya perlu kasih tau bahwa diskusi pembuatan sertifikat ini prosesnya berbulan-bulan dan sudah melalui pertemuan berkali-kali. Bahkan terakhir Dirjen IRRI, Jean Balie diskusi langsung dengan Pak Menteri (Syahrul Yasin Limpo)," kata Hasil.

Sebelumnya, International Rice Research Institute (IRRI)  memberikan penghargaan Sistem Pertanian-Pangan Tangguh dan Swasembada Beras Tahun 2019-2021 melalui Penggunaan Teknologi Inovasi Padi kepada Indonesia tanggal 14 Agustus 2022. Penghargaan itu diserahkan Dirjen IRRI Jean Balie kepada Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya