Gayus Minta Ini ke Hakim yang Adili Kasus ferdy Sambo

Putri Chandrawathi dan Ferdy Sambo di Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Mantan Hakim Agung Mahkamah Agung, Profesor Gayus Lumbuun mengatakan hakim yang menangani kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat dengan terdakwa Ferdy Sambo Cs harus bisa memisahkan antara harapan masyarakat dengan keadilan.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

“Hakim harus bisa memisahkan antara harapan masyarakat sebagai bentuk hukum beralih pada keadilan. Karena hukum ini banyak sekali dan hukum lebih banyak diposisikan kepada hakim yang masih dalam tataran jalan menuju keadilan atau formil,” kata Gayus dalam acara talkshow di Kompas TV dikutip pada Kamis, 1 September 2022.

Gayus Lumbuun

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
Ratusan Karyawan PT PRLI Demo Lagi, Minta MA Lakukan Penggantian Majelis Hakim

Lalu, Gayus menanggapi bagaimana jika Sambo dijatuhi hukuman mati atas kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Menurut dia, jika berangkat dari pemikiran di masyarakat yang disebut sebagai keadilan sosial, dan mempercepat proses penyidikan, hal itu positif.

“Tapi ada legal justice, ukuran hukum yang mengatur kehendak banyak itu, kehendak banyak luas,” ujarnya.

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

Tersangka Ferdy Sambo bersama istrinya, tersangka Putri Candrawathi

Photo :
  • (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU)

Di sini, kata Gayus, peran hakim meninggalkan kedua-duanya sebenarnya, baik legals justice maupun sosial justice yang seimbang. Artinya, bahwa hakim mempunyai pandangan yang lebih kepada keadilan nantinya menjadi satu proses keadilan, tidak hanya hukum.

Selain itu, Gayus mengatakan setiap kasus juga memiliki ciri yang berbeda. Sehingga, ia belum bisa menyimpulkan apakah Sambo layak untuk dijatuhi hukuman pidana mati atas perbuatannya tersebut.

“Saya belum bisa menyimpulkan. Tapi kira-kira kalau pendekatannya nanti Sambo bisa menghasilkan suatu bermanfaat buat negara, bisa menyampaikan mengungkap sesuatu sehingga terhentinya kejahatan-kejahatan. Iya (meringankan),” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya