Polda Banten Terima Arahan Kapolri, Antisipasi jika Harga BBM Naik

Polda Banten Menyimak Arahan Kapolri Secara Daring
Sumber :
  • VIVA/ Yandi Deslatama

VIVA Nasional – Polda Banten menerima arahan dari Kapolri, jelang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Dimana, Presiden Jokowi akan menerima rencana harga BBM terbaru dari para menterinya hari ini, Jumat, 2 September 2022.

Beli BBM di SPBU Pertamina Hari Ini Dapat Promo

Rapat dan arahan bersama Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo dilaksanakan melalui video conference (vicon) yang di ikuti juga oleh polres di wilayah. Salah satu petunjuknya, mengantisipasi terjadinya penolakan kenaikan harga BBM hingga penyalahgunaan bahan bakar bersubsidi.

"Sesuai dengan arahan Kapolri, bahwa anggota Polri harus berupaya optimal mencegah terjadinya gangguan kamtibmas," kata Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto, dalam rilis resminya, Jumat 2 September 2022.

May Day, Kapolri Janji Ada Timsus untuk Lindungi dan Kawal Hak Buruh

Wakapolda Banten, Brigjen Ery Nursatari, Pejabat Utama (Pju) dan kapolres turut serta mengikuti arahan Kapolri melalui daring. Jenderal Listyo Sigit Prabowo berpesan ke seluruh jajarannya, bisa mensosialisasikan dengan baik mengenai kebijakan pemerintah pusat ke masyarakat, guna menghindari penolakan dan gejolak lainnya.

"Untuk kegiatan preemtif lakukan sosialisasi secara masif, berikan edukasi kepada masyarakat dan berikan edukasi di ruang digital atau media sosial," ujar Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam rilis yang dikirim Polda Banten, Jumat.

Andi Gani Buka Suara soal Ditunjuk Jadi Staf Ahli Kapolri 

Program bantalan sosial atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat terdampak kenaikan harga BBM harus di awasi oleh polisi, agar penyalurannya tepat sasaran. Sehingga masyarakat terdampak, bisa berkurang beban ekonominya.

"Pastikan bahwa program bantalan sosial ini dapat berjalan sesuai dengan rencana dan tepat sasaran," ujarnya.

Presiden Jokowi memastikan kalkulasi harga baru BBM, terutama pertalite dan solar, akan diterimanya hari ini. Di sisi lain, mangan Gubernur DKI Jakarta dan Wali kota Solo itu telah menyalurkan BLT secara langsung ke masyarakat. 

Seperti Selasa, 30 Agustus 2022, dia membagikannya ke masyarakat di Jayapura, Papua, sebesar Rp 600 ribu. Hari ini, Jumat 2 September 2022, giliran masyarakat Kepulauan Tanimbar, Maluku, yang mendapatkannya.

"Hari ini akan disampaikan kepada saya mengenai hitung-hitungan dan kalkulasinya. Diharapkan dengan suntikan BLT BBM ini, daya beli masyarakat juga terjaga," kata Presiden Jokowi, di Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat 2 September 2022.

BLT BBM merupakan salah satu dari tiga bantalan sosial yang diberikan pemerintah pusat dan telah di umumkan Jokowi pada Senin, 29 Agustus 2022 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya