Presiden: BLT BBM Disalurkan di Semua Kabupaten/Kota Pekan Depan

Presiden Joko Widodo berbincang dengan pedagang saat mengunjungi Pasar Pasir Gintung di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Sabtu, 3 September 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dari pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) dilakukan secara menyeluruh di semua kabupaten/kota pekan depan.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

"Hari ini sudah mulai dilakukan penyaluran BLT BBM di Lampung dan ini akan terus berlangsung terus," kata Presiden, yang pada Sabtu, 3 September 2022, mengunjungi Kota Bandar Lampung di Provinsi Lampung untuk mengecek penyaluran BLT BBM.

"Sejauh ini penyaluran lancar dan baik, dan penyaluran ini akan terus bergerak ke semua kota dan kabupaten pekan depan," katanya.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Presiden Joko Widodo tengah memberikan bantuan sembari berdialog dengan warga Bandarlampung, Lampung, Sabtu, 3 September 2022.

Photo :
  • ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Presiden mengatakan bahwa secara umum penyaluran BLT BBM berjalan dengan baik.

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

"Saya lihat tadi sudah jalan, utamanya sistemnya sudah berjalan dengan baik. Tapi memang karena jumlah yang dibagikan cukup banyak mungkin tidak akan 100 persen benar, pasti ada yang tidak sesuai juga," katanya.

Di samping mengecek penyaluran bantuan di Bandar Lampung, Presiden telah meninjau penyaluran BLT BBM di Jayapura, Provinsi Papua, dan Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Presiden Jokowi memberikan BLT ke pedagang pasar di Kupang, NTT

Photo :
  • Setkab

Pemerintah menyalurkan beberapa bantuan sosial guna mengantisipasi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak.

Pemerintah pusat mengalokasikan dana Rp 12,4 triliun untuk memberikan bantuan langsung tunai kepada 20,65 juta keluarga. Bantuan langsung tunai untuk setiap keluarga penerima manfaat nilainya total Rp 600.000 dan disalurkan dua kali melalui Kantor Pos.

Pemerintah pusat juga mengalokasikan dana Rp 9,6 triliun untuk memberikan subsidi upah bagi 16 juta pekerja dengan gaji maksimal Rp 3,5 juta per bulan. Subsidi upah yang diberikan pemerintah kepada setiap pekerja nilainya Rp 600.000.

Selain itu, pemerintah pusat meminta pemerintah daerah menyisihkan dua persen dari dana transfer umum yang meliputi dana alokasi umum dan dana bagi hasil untuk memberikan subsidi transportasi dan perlindungan sosial tambahan kepada warga. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya