Isu Irjen Fadil-Nico Afinta Terlibat Kasus Brigadir J, Ini Kata Polri

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

VIVA Nasional – Polri menanggapi isu menyebut Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta terkait kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat yang menyeret Irjen Pol Ferdy Sambo.

"Ya dari timsus sudah mendapat informasi tersebut. Tentunya juga dari timsus nanti akan mendalami apabila memang ada keterkaitan terkait masalah kasus Irjen FS. Tapi, yang jelas untuk tim saat ini fokus terkait menyangkut masalah penuntasan lima berkas perkara yang sudah di P19 oleh JPU (Jaksa Penuntut Umum)," ujar Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Senin 5 September 2022.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran

Photo :
  • Instagram @Kapoldametrojaya

Beredar informasi kalau Ferdy Sambo sempat berkomunikasi dengan Irjen Fadil setelah menembak. Terkait hal itu, Dedi mengaku akan didalami. Kata dia timsus akan mendalami informasi-informasi ini. Sejauh ini disebut tidak ada pemeriksaan terhadap ketiga Kapolda itu.

"Ya nanti progresnya dari timsus. Yang jelas belum (ada pemeriksaan ke 3 Kapolda diatas)," katanya.

Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta

Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta

Photo :
  • dok Polda Jawa Timur

Untuk diketahui, aksi penembakan terjadi di rumah dinas mantan Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo pada Jumat, 8 Juli 2022. Dalam insiden ini, Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat tewas karena luka tembak.