Berbagai Elemen Bakal Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Yogyakarta

Aksi Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Bersubsidi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Mengutip dari Antara, Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MBPI) DIY pada Rabu, 7 Sepetember 2022 rencananya menggelar mimbar bebas dan audiensi bersama DPRD DIY pukul 10.00 WIB.

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Dalam lebaran undangan yang beredar, MBPI DIY akan menyampaikan aspirasi terkait kenaikan harga BBM yang merugikan kehidupan pekerja atau pekerja beserta keluarganya di DIY. Aksi MBPI dimulai dari Tugu Pal Putih dan selanjutnya menuju Gedung DPRD DIY.

Dalam undangan beredar, tercantum mereka yang tergabung dalam MBPI antara lain DPW ASPEK Indonesia - DIY; DPD-SPN DIY; FSPM Indonesia - Jateng dan DIY; DPD KSPSI DIY; FSP LEM SPSI DIY; FSP NIBA SPSI DIY; FSP TK SPSI DIY; FPPI Yogyakarta; dan Sekolah Buruh Yogyakarta.

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Bakal Demo di Gedung MK, Begini Pesan Cawapres Terpilih

Buruh di Tangerang.

Photo :
  • Sherly / VIVA.

Ketua Federasi Serikat Pekerja Mandiri Jateng-DIY Marganingsih menuturkan, sejauh ini belum ada perubahan agenda terkait aksi Rabu besok. Pada Rabu yang sama, berdasarkan selebaran undangan tersebar, Aliansi Rakyat Indonesia Peduli juga akan menggelar aksi serupa di Bundaran UGM, Sleman, pukul 14.00 WIB.

PA 212 Mau Demo di Depan MK, Lebih dari 3 Ribu Aparat Gabungan Dikerahkan

Hari berikutnya, atau Kamis 8 September 2022 mereka akan turun dan melakukan long march dengan rute area parkir Abu Bakar Ali (ABA) - Gedung DPRD DIY - Titik Nol Kilometer.

Ribuan buruh demo di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu, 10 Agustus 2022.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

"Untuk jumlah peserta dan dari elemen masyarakat mana saja sejauh ini masih dikoordinasikan," kata Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) DIY Dani Eko Wiyono.

Selain demo menolak kenaikan tarif BBM, massa diperkirakan akan turut menyuarakan kenaikan buruh dan desakan penurunan harga kebutuhan pokok yang mulai melonjak naik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya