Kepolisian Jerman Terkesan dengan RI soal Pencegahan Terorisme

Kepala BNPT Boy Rafli Amar (kiri) dengan pimpinan BKA Jerman.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Kepolisian Federal Jerman (Bundeskriminalamt/BKA) bekerja sama untuk penguatan pencegahan terorisme dan ekstremisme berbasis kekerasan. Kerja sama ini diharapkan jadi pondasi dalam menghadapi kejahatan luar biasa tersebut.

Remaja Tikam 2 Pendeta Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terorisme

Kepala BNPT, Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Boy Rafli Amar mengatakan, Indonesia dan Jerman menghadapi tantangan yang sama dalam isu terorisme dan ekstremisme. Dia berharap kerja sama ini bisa jadi pondasi penguatan kolaborasi kedua pihak.

Menurutnya, kerja sama itu bisa dengan pertukaran informasi hingga peningkatan kapasitas sumber daya manusia atau SDM.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

"Indonesia dan Jerman menghadapi tantangan yang sama khususnya terorisme dan ekstremisme berbasis kekerasan, saya berharap pernyataan bersama ini dapat memperkuat kerja sama dalam bidang pertukaran informasi dan pengalaman, peningkatan kapasitas personel, serta bidang lainnya," kata Boy, dalam keterangannya, Selasa, 6 September 2022.

Kepala BNPT Boy Rafli Amar (kiri) dengan pimpinan BKA Jerman.

Photo :
  • Istimewa
Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

Sementara, Vice President BKA, Michael Kretschmer, terkesan dengan penanggulangan terorisme dan ekstremisme yang dilakukan pemerintah RI. Kretschmer mengapresiasi program deradikalisasi BNPT yang pernah dia kunjungi di Medan dan Lamongan. 

Dia mengatakan pihaknya akan mendorong kerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam hal ini BNPT. Bagi Kretschmer, upaya melawan dan mencegah terorisme harus jadi perhatian.

Kretschmer bilang BNPT punya kompetensi dalam upaya mencegah terorisme.

"BKA tertarik dengan kompetensi BNPT dalam mencegah terorisme dan deradikalisasi, oleh karena itu kami senang dapat bekerjasama dalam bidang pertukaran informasi dan penelitian untuk mencegah terorisme," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya