Profil Azwar Anas yang Siang Ini Akan Dilantik Jokowi Jadi MenPAN-RB

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) siang ini Rabu 7 September 2022. Pelantikan tersebut akan dilakukan di Istana Negara pada pukul 13.30 WIB.

Jokowi Bertemu Tim Cook Hari Ini, Menperin: Ada Kebijakan yang Kita Keluarkan untuk Apple

Azwar Anas merupakan seorang Politisi PDI Perjuangan atau PDIP. Sebelumnya, Azwar menduduki jabatan sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak Januari 2022.

Sebelum menjadi kepala LKPP, Pria kelahiran Bayuwangi, 6 Agustus 1973 ini menjabat sebagai Bupati Banyuwangi 2010-2015. Azwar menjabat selama dua periode sebagai Bupati Banyuwangi karena terpilih kembali untuk masa jabatan  2015-2020.

Kirim Surat Amicus Curiae ke MK, Megawati Singgung Etika Presiden Jokowi

Azwar Anas

Photo :
  • Facebook Azwar Anas

Azwar memulai kiprahnya di dunia politik tanah air pada saat berusia 24 tahun. Pada saat itu Azwar menjadi anggota MPR RI termuda yang berasal dari utusan golongan.

PDIP: Serangan Iran ke Israel Dikhawatirkan Perburuk Perekonomian Indonesia

Pada tahun 1999 Azwar sempat gagal menjadi Anggota DPR RI. Namun Dia kembali menebus kegagalannya pada tahun 2004 dan berhasil melenggang ke Senayan. Selama menjadi Anggota DPR 2004-2009, Azwar terlibat di berbagai Pansus dan alat kelengkapan DPR lainnya. 

Ia pernah menjadi wakil ketua Pansus RUU Pilpres, Pansus Tata Ruang, Pansus RUU ITE, dan Panitia Anggaran. Ia juga menjadi salah satu inisiator lahirnya Angket BBM, BLBI, Angket Haji, dan Anget Hak Rakyat untuk memilih DPT.

Pada periode pemilihan tahun 2009-2014, Azwar gagal maju kembali sebagai Anggota DPR, namun dia memutuskan kembali ke tanah kelahirannya dan pada tahun 2015 dia mengikuti pemilihan Bupati di Banyuwangi. Bersama Yusuf Widyatmoko Azwar Anas terpilih sebagai Bupati Banyuwangi untuk periode 2010-2015. Pada periode berikutnya dengan pasangan yang sama, putra dari Muhammad Musayyidi dan Siti Aisyah ini dapat kembali terpilih untuk masa jabatan 2015-2020.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (instagram.com/azwaranas.a3)

Photo :
  • vstory

Selama masa pemerintahanya kala itu, ia telah meluncurkan berbagai progam daerah di antaranya seperti peresmian Bandar Udara Blimbingsari, pendidikan gratis, mengadakan event budaya yaitu Banyuwangi Ethno Carnival, Banyuwangi Jazz Festival, Tour de Ijen, dan Banyuwangi Festival, serta perencanaan wisata Banyuwangi dengan konsep eco-tourism. Di tanganya, Banyunwangi terkenal ke seluruh penjuru dunia.

Setelah itu pada bulan Januari 2022, Azwar ditunjuk menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Pada siang ini, rencananya Jokowi akan melantik Azwar sebagai MenPAN-RB pengganti Almarhum Tjahjo Kumolo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya