Anies Penuhi Panggilan KPK, Firli: Terima Kasih Sudah Datang

Anies Baswedan saat di gedung KPK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyampaikan terima kasih kepada Gubernur DKI Anies Baswedan yang sudah memenuhi panggilan penyidik KPK. Anies dipanggil untuk dimintai keterangan sebagai saksi terkait dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E Jakarta.

Pesan Ahok ke Gubernur Jakarta: Nomor Hp Kasih Tahu ke Warga Supaya Semua Bisa Ngadu

“Saya ingin beritahu dulu bahwa terima kasih kepada setiap orang yang datang dipanggil dan dimintai keterangan oleh KPK,” kata Firli di Gedung DPR pada Rabu, 7 September 2022.

Menurut dia, pemeriksaan terhadap Anies ini sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan. Dia mengatakan  keterangan seseorang didasarkan atas pengetahuannya, baik itu yang diketahui, didengar, dilihat ataupun dialami.

KPK Ngaku Ada Pihak yang Menghambat Kasus TPPU Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba

“Maka kepentingannya adalah dalam rangka membuat terangnya suatu peristiwa,” ujarnya.

Ketua KPK Firli Bahuri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Kata Pimpinan KPK soal Jaksa Bakal Hadirkan Pengacara Febri Diansyah di Sidang SYL

Pun, Firli menyebut pemeriksaan terhadap Anies sama seperti pemeriksaan kepada saksi lainnya. Dia mengatakan, untuk 2022, KPK sudah meminta keterangan setiap perkara kurang lebih 4.318 orang periode Januari 2022.

“Untuk diketahui saja, tahun 2022 mulai Januari kemarin, KPK telah meminta keterangan setiap perkara kurang lebih 4.318 orang. Jadi, sama statusnya. Nggak ada yang beda, nggak ada yang luar biasa,” jelas dia.

Terkait pemeriksaan, Anies Baswedan pun sudah memenuhi panggilan KPK. Mengenakan pakaian dinas, Anies tiba di gedung KPK pada Rabu tadi sekitar pukul 09.25 WIB.

Tak banyak kata yang diucapkan Anies ketika memasuki gedung KPK. Anies yang mengenakan pakaian dinas berwarna putih itu hanya menebar senyum dan mengucapkan terima kasih di depan awak media.

"Makasih ya, masuk dulu ya," kata Anies di Gedung KPK pada Rabu, 7 September 2022.

Anies Baswedan Diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

KPK meminta keterangan Anies soal proses perencanaan hingga penganggaran untuk penyelenggaraan ajang balap mobil Formula E yang digelar di Ancol Jakarta pada Juni 2022.

"Lebih kurang biasanya terkait dengan proses perencanaan, awalnya itu seperti apa, tawaran dari mana. Kemudian direncanakan, proses penganggarannya, kemudian pelaksanaannya sampai dengan pertanggungjawabannya," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata di Gedung KPK, Selasa, 7 September 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya