Mahasiswa Kedokteran UB Ditemukan Gantung Diri, Diduga karena Asmara

Foto Ilustrasi: TKP korban gantung diri (Istimewa)
Sumber :
  • IST

VIVA Nasional – Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya berinisial AR asal Gresik, ditemukan meninggal dunia dengan posisi gantung diri di rumah kontrakan Jalan Monginsidi, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Kapolsek Klojen, Komisaris Polisi Domingos de Fatima Ximenes mengatakan, korban ditemukan gantung diri pada Selasa 6 September 2022 sekitar pukul 17.00 WIB. Jasadnya ditemukan pertama kali oleh teman korban yakni perempuan HA (28) dan saksi lainnya laki-laki DP (34) dengan posisi gantung diri di depan kamarnya.

"Ditemukan itu kondisi sudah membiru. Hasil visum luar beliaunya (korban) memang murni bunuh diri, kemudian penanganannya pendalamannya dari Polresta Malang Kota," kata Domingos pada Kamis, 8 September 2022.

Guru Besar Unibraw: Setelah Prabowo Dilantik sebagai Presiden, Dia Milik Kita Bersama

Ilustrasi bunuh diri.

Photo :
  • U-Report

Sementara Kasatreskrim Polresta Malang Kota Ajun Komisaris Polisi Bayu Febriyanto Prayoga mengatakan bahwa berdasarkan hasil olah TKP dapat dipastikan korban meninggal karena gantung diri. Dari keterangan yang didapatkan kepolisian, bahwa korban diduga memiliki hubungan asmara dengan HA. Korban diketahui beberapa waktu kebelakang sering mengancam akan bunuh diri jika hubungan keduanya putus.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

"Iya benar. Korban seorang dokter dan penyebab kematian karena gantung diri," ujar Bayu.

Ilustrasi bunuh diri.

Photo :
  • U-Report

Diketahui bahwa sebelumnya, korban sempat bertemu dengan HA pada Senin 5 September 2022 sekitar pukul 20.00 WIB di TKP. Saat itu antara korban dan HA sempat terjadi cekcok. Tidak lama, HA kemudian pergi meninggalkan korban untuk berangkat kerja di Rumah Sakit Syaiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

Saat itu HA sempat dihubungi oleh korban sekitar pukul 23.00 WIB untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Kemudian, esok harinya pada Selasa 6 September 2022 saat HA pergi mengunjungi pintu rumah kontrakan terkunci. Lalu, HA menelpon ke HP milik korban tetapi tidak ada respon.

Merasa ada yang aneh, HA meminta bantuan kepada temannya DP yang kemudian memutuskan memanggil ahli kunci untuk membuka pintu. Keduanya menemukan korban dalam posisi gantung diri. Mengetahui kejadian itu, mereka melapor ke polisi. Petugas kepolisian yang datang ke lokasi melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara). Jasad korban kemudian dievakuasi menuju RSSA untuk dilakukan visum at repertum.

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Eriko Prawestiningtyas, membenarkan bahwa mendiang AR merupakan mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Spesialis Ilmu Kesehatan Mata. Mereka turut berbela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan. Menurutnya, mendiang dikenal pribadi yang baik.

"Meninggalnya saudara Arief secara mendadak yang saat ini masih dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian sangat mengejutkan bagi kami. Segala bentuk proses hukum dan tentunya dengan izin dari keluarga, kami serahkan sepenuhnya kepada pihak yang berwenang," kata Eriko.

Baca juga: Depresi, Remaja 19 Tahun Tewas Gantung Diri di Pohon

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya