Momen Gibran Terima Penghargaan Haornas dari Ganjar di Solo

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghadiri peringatan Haornas di Solo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghadiri peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 tingkat Provinsi Jawa Tengah yang digelar di Stadion Sriwedari Solo, Jumat, 9 September 2022. Peringatan Haornas tersebut cukup spesial lantaran digelar di stadion yang menjadi saksi bisu penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Peringatan Haornas tersebut dihadiri ribuan peserta yang terdiri dari siswa sekolah, mahasiswa, atlet, komunitas olahraga dan lainnya. Tak hanya itu sejumlah bupati dan wali kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah juga tampak hadir di antaranya Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan kepala daerah lainnya.

Plh Kepala Dispora Jawa Tengah, Purnomo mengatakan dipilihnya Stadion Sriwedari, Solo menjadi tempat penyelenggaran Haornas ke-19 Provinsi Jawa Tengah karena Solo memiliki sejarah panjang di dunia olahraga di Indonesia. Seperti halnya penyelenggaraan PON I pada 9 September 1948 digelar di stadion ini.

AHY: Enggak Masalah Kursi Demokrat di DPR Turun, yang Penting Prabowo Menang

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyerahkan penghargaan pada peringatan Haornas.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

“PON I yang dilaksanakan di Stadion Sriwedari pada 1948 menjadi cikal bakal peirngatan Haornas di Indonesia,” kata dia di Stadion Sriwedari Solo.

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Pada peringatan Haornas tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah memberikan penghargaan kepada empat atlet terbaik Jawa Tengah dan lima kabupaten/kota sebagai destinasi sport tourism unggulan Jawa Tengah tahun 2022.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Adapun empat atlet yang mendapatkan penghargaan di antaranya Kiromal Katibin sebagai atlet putra terbaik Jawa Tengah 2022, Safira Dwi Meliani atlet terbaik putri Jawa Tengah, Suryo Nugroho atlet paralimpik putra terbaik Jawa Tengah dan Famini, atlet paralimpik putri terbaik Jawa Tengah.

Penutupan ASEAN Para Games 2022

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Sedangkan untuk lima kabupaten/kota yang berhasil meraih penghargaan sebagai destinasi sport tourism unggulan Jawa Tengah, di antaranya Kota Semarang, Solo, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Semarang, dam Kabupaten Magelang. Ganjar menyerahkan penghargaan itu salah satunya kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Dalam sambutannya Ganjar mengenang keberhasilan Solo menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022. Selain sukses menggelar pesta olahraga bagi atlet difabel seluruh kawasan Asia Tenggara, dalam ajang tersebut kontingen Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan meraih emas terbanyak.

“Ketika kemarin kita sepi-sepi prestasi maka dari Solo kita menghentakkan kembali bahwa Indonesia juara ASEAN Para Games. Dua hal yang ingin saya ceritakan, ASEAN Para Games yang tertunda terus menerus dan bahkan beberapa negara sudah lempar handuk untuk tidak bisa melaksanakan,” katanya.

“Indonesia mengambil alih, Solo menjadi tuan rumah dalam waktu yang sangat pendek. Kita buktikan, kita negara dan bangsa yang mampu melaksanakan itu. Dan kita juara, maka saya bangga betul dengan kawan-kawan seluruh atlet,” ujar Ganjar menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya