Pengakuan Mengejutkan Bripka Ricky Rizal soal Ferdy Sambo

Rekonstruksi Bharada E todongkan senjata ke Brigadir J
Sumber :
  • TV Polri

VIVA Nasional – Pengacara Bripka Ricky Rizal (RR), Erman Umar membeberkan pengakuan kliennya. Ricky tidak melihat Ferdy Sambo menembak Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J di rumah dinas, Duren Tiga, Jakarta selatan. 

Sederet Kontroversi Pendeta Gilbert, Olok-olok Salat hingga Pakai Jam Harga Fortuner

Mulanya Erman membeberkan kesaksian Ricky pada saat Brigadir Yoshua akan ditembak oleh Bharada E di rumah dinas. Yoshua berjalan beriringan dengan KM dan posisi Ricky berada di paling belakang dan dia sempat berhenti untuk memakai sepatu.

Tersangka Ferdy Sambo bersama istrinya, tersangka Putri Candrawathi

Photo :
  • (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU)
Keluarga Brigadir J Gugat Ferdy Sambo Cs dan Polri Rp7,5 Miliar, Ini Alasannya

Namun, setelah Ricky masuk ke rumah dinas, penembakan kepada Yoshua itu telah berlangsung. Dalam ingatan Ricky, lanjut Erman, Richard menembak sebanyak tiga kali dan posisi Ferdy Sambo berada di samping. Kemudian, KM berada di belakang Ferdy Sambo.

"Jadi jalan lah KM beriringan dengan Yoshua. Paling duluan Yoshua. Ricky berhenti dia pakai sepatu. Jadi ada jeda, tapi pas dia di dalam, dia sudah langsung menyaksikan Richard menembak Yoshua. Pada saat kejadian dia melihat entah berapa kali dia udah nggak ingat, apakah tiga kali Richard menembak, posisi Sambo agak ke samping, posisi KM di belakang Sambo, posisi Ricky di belakang Richard," kata Erman dalam keterangannya di Mabes Polri, Jumat 9 September 2022.

Keluarga Brigadir J Gugat Ferdy Sambo Cs Rp7,5 M, Sidang Perdana Langsung Ditunda

Irjen Ferdy Sambo menembakan senjata ke tembok

Photo :
  • TV Polri

Setelah melihat penembakan tersebut, Ricky sempat berbalik badan dan terhalang oleh kulkas yang berukuran tinggi. Kemudian, dia melihat Ferdy Sambo hanya menembakan pistol ke arah dinding.

"Di sini kan ada kulkas tinggi, Ricky berbalik. Menurut pengakuan Richard kan Ferdy Sambo nembak Yoshua, tapi pas balik badan ke arah penembakan itu, Ricky melihat Ferdy Sambo menembak - nembak dinding. Jadi berapa kali saya tanya juga, Ricky menjawab 'engga bang saya engga melihat, apa yang mau saya paksakan, jadi saya tidak melihat Ferdy Sambo lakukan sebelumnya," tutur Erman.

Tersangka pembunuhan Brigadir J tiba di lokasi rekonstruksi

Photo :
  • TV Polri

Sebagai informasi, dari pengakuan Baharada E melalui pengacaranya Muhammad Boerhanuddin ini menyebutkan jika bekas tembakan di tembok itu ternyata pakai senjata milik Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Dikutip dari tvonenews, Selasa 9 Agustus 2022, Kliennya mengungkapkan bahwa senjata Brigadir J pada saat insiden berdarah terjadi digunakan oleh ´sang atasan´ untuk menembak tembok rumah Irjen Ferdy Sambo. Tujuannya seolah seolah-olah terjadi baku tembak yang menjadi penyebab kematian Brigadir J. Hal ini sesuai dengan skenario awal yang dibangun oleh para saksi di lokasi.

Burhanuddin mengatakan bahwa proyektil peluru di TKP kasus Brigadir J hanyalah sebuah alibi, termasuk dengan bekas tembakan yang terdapat di dinding rumah dinas Irjen Ferdy Sambo seolah terjadi baku tembak. 

Namun, kuasa hukum Bharada E Muhammad Burhanuddin tidak mengatakan lebih detail soal berapa jumlah peluru yang ditembakkan ke tembok dan tubuh Brigadir Yosua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya