Tahu Ada Emak-emak Pandai Besi di Sinjai, Sandiaga Lakukan Ini

Sandiaga Uno video call dengan emak-emak pandai besi di Sinjai
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku kagum dengan emak-emak pandai besi di Desa Barania, Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Sandiaga membantu emak-emak pengrajin perkakas itu berupa alat pelindung diri (APD) dan bahan baku produksi.

Pertamina Jamin Produksi dan Pasokan Energi Periode Mudik Lebaran Aman, Begini Strateginya

"Saya mendapat kabar nih yang sangat menarik dari tim di lapangan melaporkan kalau di Desa Wisata Barani ada sekelompok emak-emak yang berkegiatan pandai besi, membuat perkakas seperti parang, pisau, dan golok," kata Sandiaga, Jumat, 9 September 2022.

Sandiaga mengatakan, meski telah turun temurun namun emak-emak pandai besi yakni Najmiati, Nurma dan Nasah itu masih menemukan kendala selama produksi. Kendalanya kesulitan mendapatkan bahan bakar arang, besi untuk bahan produksi dan alat pelindung diri. 

PPP Siapkan Jabatan Baru Buat Sandiaga Uno

"Saya langsung bergerak cepat mestinya saya ada di sana tapi Pak Presiden Bapak Jokowi panggil ke Jakarta karena ada rapat terbatas, oleh karena itu saya kirimkan beberapa bahan produksi. Terutama alat pelindung diri seperti kacamata khusus supaya matanya tidak rusak, sarung tangan supaya tidak luka dan banyak lainnya agar aman saat bekerja menempa besi," lanjut Sandiaga lewat video call.

Bantuan itu, kata Sandiaga, diharapkan bisa memberikan solusi bagi emak-emak pandai besi. Sandiaga pun mengaku kagum dengan emak-emak pandai besi yang menggeluti pekerjaan unik, beda dan memiliki kreativitas yang tak terbatas.

Perusahaan Produksi Queen of Tears Bantah Bayaran Kim Soo Hyun Rp9 Miliar per Episode

"Saya kagum dengan emak-emak ini kreativitasnya luar biasa gak ada matinya. Semoga bantuan bisa memberikan solusi dan berguna dan suatu saat dapat membuka lapangan kerja yang lebih banyak lagi serta bermanfaat bagi banyak," tandasnya.

Indonesia Fashion Week 2024.

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 Resmi Digelar, 300 Desainer Bakal Angkat Budaya Betawi

Indonesia Fashion Week (IFW) resmi digelar pada 27-31 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Gelaran yang menjadi incaran para pegiat industri fashion.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024