Ratusan Pengungsi Gempa Mentawai Bertahan di Lokasi Pengungsian

Para pengungsi gempa bumi Mentawai
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA Nasional – Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat Rumainur menyebutkan, ratusan penyintas gempa bumi magnitudo 6,1 yang mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Minggu 11 September 2022 pukul 06.10 WIB memilih bertahan di titik-titik pengungsian.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

“Laporan sementara ada 200 an yang mengungsi. Namun kita masih melakukan pendataan untuk kembali memastikan berapa jumlah keseluruhan yang mengungsi akibat gempa ini,” kata Rumainur soal pengungsi gempa Mentawai pada Minggu 11 September 2022.

Rumainur memastikan, saat ini untuk kebutuhan logistik para penyintas masih aman. Pasalnya pascagempa bumi yang terjadi pada akhir bulan kemarin, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Mentawai memang masih menyalurkan bantuan logistik.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

“Logistik aman, BPBD Mentawai kan masih mendistribusikan bantuan akibat gempa yang lalu. Logistik masih ada dan tahapan distribusi masih dilakukan,” ujar Rumainur.

Rumainur menjelaskan, para penyintas yang malam ini memilih bertahan di titik-titik pengungsian lantaran mereka masih merasa khawatir akan potensi gempa susulan. Lokasi pengungsian mereka merupakan zona aman dari gempa dan tsunami. Jika kondisi sudah dianggap aman maka pengungsi akan segera kembali ke rumah masing-masing

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

Diketahui Kabupaten Kepulauan Mentawai sejak pagi tadi diguncang gempa bumi sebanyak empat kali dengan magnitudo yang cukup besar. Dirangkum dari data rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Lindu pertama terjadi pada pukul  06.10 WIB dengan kekuatan M6.1. Lalu, gempa kedua terjadi pada pukul 06.24 WIB. 

Parameter gempa kedua ini memiliki kekuatan M5.4 terletak di 1.25 Lintang Selatan dan 98.49 Bujur Timur dengan kedalaman 11 kilometer. Lalu gempa ketiga memiliki magnitudo M4.4, terjadi pada pukul 09.40. Dan gempa teranyar terjadi pada pukul  10.29 WIB. Gempa ini memiliki kekuatan M4.2 dan tidak berpotensi tsunami.


--

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya