Ketua DPRD Lumajang Mundur Usai Viral Tak Hafal Pancasila

Viral Ketua DPRD Gak Hafal Pancasila di Acara HMI
Viral Ketua DPRD Gak Hafal Pancasila di Acara HMI
Sumber :
  • Instagram@andreli_48

VIVA Nasional – Anang Akhmad Syaifuddin menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Ketua DPRD Lumajang setelah video yang menggambarkan dirinya tak hafal Pancasila viral di media sosial. Secara pribadi dan institusi DPRD, dia juga meminta maaf kepada seluruh masyarakat terkait kehebohan tersebut.

Pernyataan pengunduran diri Anang disampaikan secara resmi dalam rapat paripurna DPRD Lumajang pada Senin, 12 September 2022. Video pernyataan mundur tersebut juga tersebar di media sosial secara luas.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya dengan hati yang sangat menyesal mengundurkan diri dari Ketua DPRD Kabupaten Lumajang untuk menjaga marwah DPRD Kabupaten Lumajang, untuk menjaga dan menjadikan ini pelajaran bagi kita semua, siapa pun pemimpin di negeri ini,” kata Anang.

“Oleh karena itu, ucapan maaf yang tidak terhingga, kepada seluruh masyarakat Lumajang, kepada anggota DPRD, kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang, dan kepada seluruh elemen masyarakat Lumajang di mana pun berada, kegaduhan ini untuk segera berakhir. Dan kepada teman-teman mahasiswa tetaplah menjadi alarm bagi Indonesia,” ujar Anang.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video yang menggambarkan Ketua DPRD Lumajang Anang Akhmad Syaifuddin tidak hafal saat membaca salah satu sila pada Pancasila viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi saat mahasiswa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang setempat menyampaikan tuntutan menolak kenaikan harga BBM.

Video tersebut tersebar dan viral sejak Senin, 12 September 2022, pagi. Di antaranya disebarkan oleh akun gosip Lambe Turah. “Duh! Ketua dan Wakil Ketua DPRD Lumajang Tidak Hapal Pancasila,” tulis akun Instagram Lambe Turah.

Dalam video yang beredar, terlihat sejumlah mahasiswa menggunakan atribut HMI berada dalam satu ruangan serupa ruang rapat. Di antara mereka, seorang pria berpakaian batik diduga Ketua DPRD Lumajang Anang Akhmad Syaifuddin membacakan Pancasila.