Pendeta Maluku Belajar ke Ganjar soal Toleransi di Jateng

Ganjar Pranowo bersama Perkumpulan Pendeta Maluku
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Provinsi Jawa Tengah (Jateng) termasuk salah satu provinsi dengan tingkat toleransi dan kerukunan antar umat beragama tertinggi di Indonesia. Hal itu membuat Jateng menjadi barometer nilai-nilai kerukunan dan banyak komunitas keagamaan berdatangan untuk studi banding hingga belajar dari Jateng.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Kali ini, giliran perkumpulan pendeta gereja di Maluku berkesempatan melakukan studi banding ke Jateng. Mereka juga menemui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di Puri Gedeh, Kota Semarang pada Minggu, 11 September 2022.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa
Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Gereja Protestan Maluku, Elifas Tomix Maspaitella mengatakan, ia bersama rombongannya yang berjumlah sekitar 75 orang itu ingin belajar langsung ke Ganjar karena dianggap sebagai pemimpin yang mampu menjadikan warga Jateng begitu toleran di tengah banyaknya perbedaan yang ada.

"Kami sebenarnya belajar dari model-model kepemimpinan seorang gubernur yang memimpin sebuah provinsi yang majemuk dan indeks toleransinya sangat tinggi," ungkap Elifas usai menemui Ganjar di kediamannya.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Elifas menilai, Ganjar memiliki gaya berpikir keagamaan yang berbeda untuk menyatukan semua perbedaan yang ada di masyarakat. Itulah yang ingin dipelajari para pendeta dan menerapkan ilmu-ilmu yang didapat ke daerahnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Selain belajar ke Ganjar, para pendeta itu juga bertemu Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Menariknya, para pendeta ini juga akan belajar ke salah satu pondok pesantren di Salatiga ihwal kepemimpinan dan pendampingan umat beragama.

"Jadi kami merasa model yang seperti itu harus kami pahami setidaknya bagaimana merangkul yang berbeda pemahaman, dari gaya berpikir keagamaan yang mainstream dengan gaya berpikir yang lain supaya dia bisa terus direkatkan," ucap Elifas.

Lebih lanjut, Ganjar menjelaskan, yang terpenting dari pertemuan dengan setiap tokoh agama adalah untuk bersama-sama berkomitmen merawat Negara Kesatuan Republik Indoneaia (NKRI) dan pengamalan nilai-nilai Pancasila ditengah perubahan dunia yang begitu cepat.

Ganjar melanjutkan, setiap warga negara yang baik dan memiliki semangat toleransi serta kerukunan beragama yang tinggi pasti tidak ingin bangsanya terbelah hanya karena perbedaan. Ganjar menyampaikan, masyarakat beragama harus mampu menerima setiap perbedaan yang ada agar tidak ada konflik horizontal.

"Spirit yang luar biasa adalah bagaimana merawat NKRI, merawat nilai-nilai Pancasila dalam dinamika dunia yang luar biasa dalam perubahan dunia yang turbulens. Tapi tetap kita jaga nilai-nilai itu," ujar Ganjar.

"Intinya tidak ada keikhlasan dari mereka kalo negara ini pecah, tak ada keikhlasan kalo terjadi konflik horizontal. Ini yang kemudian mereka serius belajar dan berkeliling ke banyak tempat," sambung Ganjar.

Baca juga: Upaya Jangka Pendek Ganjar Kendalikan Inflasi di Jateng Pasca BBM Naik

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya