Nahas, Uang Tabungan Biaya Haji Rp50 Juta Hancur Dimakan Rayap

Penjaga sekolah, Samin, menunjukkan uang tabungan yang dimakan rayap.
Penjaga sekolah, Samin, menunjukkan uang tabungan yang dimakan rayap.
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodiq.

VIVA Nasional - Nasib malang menimpa seorang penjaga sekolah di SD Negeri Lojiwetan, Pasar Kliwon, Solo, bernama Samin. Uang tabungan senilai Rp50 juta dimakan rayap. Padahal uang tabungan tersebut rencananya akan digunakan untuk biaya pendaftaran ibadah haji bersama dengan istrinya.

Mau Menghitung Duit Tabungan

Samin, penjaga sekolah yang pemilik uang tabungan itu baru mengetahui uang tabungannya dimakan rayap pada Selasa pagi, 13 September 2022. Saat itu, ia dan istrinya rencananya akan menghitung duit tabungan yang telah dikumpulkannya selama 2,5 tahun.

Dipenuhi Rayap

Tapi alangkah kagetnya ketika membuka salah satu celengan plastik itu dipenuhi dengan rayap. Sontak tambah kaget setelah mengetahui uang yang terdapat di dalam celengan plastik itu kondisinya sudah hancur dimakan rayap. Total uang tabungan itu sekitar Rp 50 juta.

“Tahu uang tabungannya dimakan rayap, istri saya hanya menangis karena itu uang tabungan untuk biaya pendaftaran haji,” kata dia saat ditemui di tempat tinggalnya di SD Negeri Loji Wetan, Pasar Kliwon, Solo, Selasa, 13 September 2022.

Kemudian uang kertas yang telah dimakan rayap itu dipilah-pilah di dalam dua kardus. Satu kardus untuk wadah uang tabungan kertas yang kondisinya sudah hancur dan tinggal potongan-potongan kecil, sedangkan kardus satunya untuk uang kertas yang kondisi kerusakannya sekitar 50 persen–70 persen.