BBM Tak Turun, Buruh Kirim Ancaman di Pilpres 2024

Buruh dan mahasiswa gelar demo di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Andrew

VIVA Nasional – Ribuan massa Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) melakukan aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM. Para demonstran memblokade jalan MH Thamrin menuju Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Kenaikan Pajak BBM Tak Tepat untuk Kerek Pendapatan Daerah

Pantauan VIVA di lokasi hingga kini ribuan massa Buruh masih bertahan dan merangsek ke depan Gedung Indosat, Jalan Medan Merdeka Barat. Massa Buruh terdengar jika mereka akan melakukan golput di Pemilihan Presiden 2024 jika BBM tidak turun dalam waktu dekat.

"Jika BBM tak kunjung turun, kami serentak akan memilih untuk Golput, kami mengancam untuk Golput," ujar massa aksi kubu buruh di Patung Kuda Jakarta Pusat, Selasa 13 September 2022.

Ada Demo Buruh Tolak Perppu Cipta Kerja Hari Ini, Ribuan Aparat Jaga Istana Presiden

Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Jangan sampai serangan fajar mengganggu niat kalian! " lanjutnya.

Setuju Harga BBM Naik, Nikita Mirzani: Jadi Rp1 Juta Per Liter

Hingga kini ribuan aksi masa dari berbagai elemen berbeda masih melakukan unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM. Mereka terdiri dari elemen mahasiswa, pelajar, dan buruh menggelar aksi demo ke Istana Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Dalam demonstrasi kali ini, para mahasiswa juga menuntut lima poin penting. Pertama, mereka menolak kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM karena berdampak secara signifikan terhadap berbagi sektor kehidupan.

DPRD Kota Bogor Menerima Mahasiswa Tolak Kenaikan BBM

Photo :
  • VIVA/ Muhammad AR

Kedua, menuntut pemerintahan mengandalkan APBN untuk meredam dampak krisis energi global yang berdampak bagi masyarakat seperti pengangguran subsidi BBM, dibanding memprioritaskan Proyek Strategis Negara (PSN) yang minim urgensi.

Lalu yang ketiga menuntut pemerintah menyelesaikan masalah struktural berbagai penyaluran BBM bersubsidi. Keempat, mendesak pemerintah menjaga stabilitas harga berbagai komoditas pangan agar tetap dapat dijangkau masyarakat.

Yang terakhir, meminta pemerintah menyalurkan bantuan kepada masyarakat miskin terdampak secara efektif dengan melakukan berbagai pembenahan struktural.

Akibat adanya aksi gabungan tersebut sejumlah akses jalan menuju Istana Presiden ditutup. Jalan Medan Merdeka Barat ditutup menggunakan kawat berduri berlapis dua yang ditumpu pagar beton.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya