Pahlawan Perempuan Rasuna Said, Jadi Google Doodle Hari Ini

Google Doodle Ulang Tahun Rasuna Said
Sumber :
  • Google

VIVA Nasional – Google Doodle hari ini 14 September 2022, memperlihatkan ilustrasi foto Rasuna Said, pahlawan yang terkenal membela hak-hak perempuan.

King Nassar Unggah Foto Bareng Irish Bella, Warganet Heboh Menjodohkan

Rasuna Said dikenal sebagai Singa Betina Pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan suara yang berpengaruh tentang isu-isu sosial, terlebih kepada hak-hak perempuan, seorang guru dan jurnalis.

HR Rasuna Said.

Photo :
  • U-Report
Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Rasuna Said merupakan wanita kesembilan yang mendapat kehormatan sebagai pahlawan nasional Indonesia. Itu semua karena Rasuna Said memiliki peran yang besar.

Rasuna Said lahir di dekat Danau Maninjau, Sumatera Barat pada 14 September 1910. Ia telah menyuarakan tentang masalah sosial dan hak perempuan dari usia dini. Ayahnya bernama Muhammad Said, seorang saudagar Minangkabau dan bekas aktivis pergerakan.

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

Selain itu, Rasuna Said terkenal sebagai seorang siswa yang ulet dan cerdas, inilah yang membuka jalan untuknya menjadi asisten guru. Ia memotivasi gadis-gadis muda untuk memiliki mimpi yang besar.

Rasuna Said diundang bergabung dengan Sarikat Rakyat pada tahun 1926, lalu tahun 1930 ia bergabung dengan Persatuan Muslim Indonesia (PERMI), yaitu organisasi Islam dan nasionalisme. 

Beliau terkenal sangat mahir dalam berpidato untuk mengecam pemerintahan Belanda. Rasuna Said tercatat sebagai wanita pertama yang terkena hukum Speek Delict, yakni hukum kolonial Belanda yang menyatakan siapapun dapat dihukum karena berbicara menentang Belanda.

Selanjutnya pada tahun 1932, Rasuna Said ditangkap usai menyuarakan hal yang menentang dengan kekuasaan Belanda. Ribuan orang menghadiri persidangannya di Payakumbuh tahun 1932. 

Saat Rasuna Said berusia 24 tahun, setelah bebas dari penjara di tahun 1934, ia memulai kariernya sebagai jurnalistik dan menulis untuk keperluan jurnal perguruan tinggi bernama Raya. 

Berjalan beberapa tahun, Rasuna Said berhasil membangun banyak sekolah untuk anak perempuan dan berbicara mewakili kelompok wanita Muslim yang sudah tak terhitung berapa kali. Di tahun 1945, akhirnya kemerdekaan berhasil Indonesia raih.

Rasuna Said akhirnya ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia dan jasa-jasanya kepada negara ini pada tahun 1974. 

Ulang Tahun ke-112 Rasuna Said,” tulis keterangan Google.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya