Jokowi Ajak Prabowo Kunjungan Kerja ke Maluku, Ini Alasannya

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto
Sumber :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo hari ini meresmikan sejumlah infrastruktur dan membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat di provinsi Maluku. Dalam kesempatan itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Harapan Prabowo Jelang Penetapan Presiden-Wakil Presiden Terpilih 2024 di KPU

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan, ada alasan tersendiri mengapa Jokowi mengajak Prabowo dalam kunjungannya ke Maluku. Keberadaan Prabowo di Maluku, kata Heru, masih ada kaitannya dengan tugasnya sebagai Menteri Pertahanan RI.

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto bersama Ibu Negara Iriana

Photo :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
PDIP Gugat KPU ke PTUN, Pentolan Projo: Silakan Challenge Aja Semua

Heru mengatakan, Jokowi mengajak Prabowo ke Maluku karena Prabowo juga akan melakukan tugasnya sebagai Menhan dalam melihat kondisi pertahanan RI, khususnya di pulau terluar Indonesia. Sehingga keberadaan Prabowo di Maluku bukanlah sesuatu yang tanpa alasan.

"Pertama, beliau mengajak Pak Menhan tentunya ada kaitannya dengan tugas-tugas Pak Menhan, antara lain adalah akan kunjungan ke Pulau Aru, Pulau Moa, selain Tual untuk melihat kondisi Pulau terluar dari sisi pertahanan strategis pulau terluar," kata Heru kepada awak media, Rabu 13 September 2022.

KPU Sebut Tak Ada Lagi Lembaga Peradilan Bisa Batalkan Kemenangan Prabowo

Heru mengatakan, dalam kunjungan ke Maluku, Prabowo juga melalukan kunjungan ke Kodim Tual. "Selain itu, Pak Menhan memberikan bantuan sepeda motor 40 sepeda motor bersama Pak Presiden ke Kodim setempat di Tual," ujar Heru

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto temui Presiden Jokowi (kiri).

Photo :
  • Istimewa

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo meresmikan Jembatan Gantung Wear Fair, dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, pada Rabu, 14 September 2022. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga didampingi oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Jokowi menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur berupa jembatan ini penting untuk mempercepat mobilitas orang dan barang. "Jembatan Wear Fair ini penting sekali dalam rangka mobilitas orang maupun mobilitas barang," kata Jokowi dalam keterangannya usai peninjauan.

Jokowi juga menuturkan bahwa peresmian jembatan yang menghubungkan dua pulau kecil, Pulau Fair dan Pulau Kei Kecil tersebut, merupakan wujud komitmen pemerintah dalam membangun infrastruktur secara merata hingga ke seluruh pelosok Tanah Air. Bahkan, dalam satu tahun pemerintah membangun sekitar 200 jembatan serupa sebagai akses konektivitas warga, baik antarkecamatan, antardesa, maupun antarpulau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya