Ditonton 9 Juta Kali, Influencer Ngaku Dilecehkan di Gili Trawangan

Gili Trawangan
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar (Mataram)

VIVA – Seorang influencer sekaligus selebgram Mia Earliana mengunggah dua video TikTok tentang pengalaman tidak menyenangkan saat berada di Gili Trawangan, Lombok Utara.

Kanye West Dilaporkan Akibat Diduga Meninju Pria yang Melecehkan Istrinya, Bianca Censori

Dia merasa ditipu saat memesan kamar di online, namun saat tiba di Gili Trawangan justru diminta membayar lagi. Tidak sampai di situ, dia terus berbagi pengalaman tidak menyenangkan soal harga ikan bakar yang mencapai Rp 300 ribu.

Mantan pramugari Sriwijaya Air ini juga mengatakan dia mendapat catcalling atau pelecehan verbal oleh pemuda di sana. Bahkan bagian bokongnya dipegang saat dia sedang party.

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras

Baca juga: Bareskrim Geledah Kantor Pusat WanaArtha, Ini yang Disita

Pantauan media ini pada Sabtu pagi, 17 September 2022, dua video yang diunggah telah dihapus oleh Mia Earliana. Padahal malam kemarin ramai warganet yang berkomentar di video yang telah ditonton lebih dari 9 juta kali tersebut.

TKN Sebut Puluhan Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Akan Ajukan Diri Jadi Amicus Curiae

Tokoh pariwisata, Taufan Rahmadi berharap para pemangku pariwisata bijak dalam menyikapi video tersebut. Dia melihat ada respons cepat dari Pemda Lombok Utara dan Dinas Pariwisata NTB dalam menyikapi keluhan wisatawan itu.

"Keluhan ini harus ditelusuri asal usul nya agar publik mengerti duduk perkara sebenarnya. Lalu jika memang  ada oknum yang benar melakukan hal-hal yang membuat si wisatawan merasa tidak nyaman, para pemangku awig-awig desa ataupun pejabat terkait melakukan teguran sekaligus pembinaan kepada oknum tersebut," katanya.

Sejumlah wisatawan asing berada di trotoar jalan kawasan wisata Gili Trawangan, Kecamatan Pemenang, Tanjung, Lombok Utara, NTB, Selasa, 16 April 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Taufan berkeyakinan bahwa masyarakat di Gili adalah masyarakat yang ramah dan memahami bagaimana harus berprilaku yang santun kepada wisatawan, terlebih selama ini masyarakat di Gili sangat bergantung pada sektor pariwisata.

"Jadi sangat tidak mungkin mereka akan merusak periuk tempat mereka mengais rezeki," ujarnya.

Taufan berharap agar di Gili Trawangan dapat diperkuat Destination Management Organization (DMO) yaitu struktur tata kelola destinasi pariwisata yang dapat menjadi cikal bakal pembentukan Badan Otoritas Pengelola Wisata Tiga Gili.

Sejumlah wisatawan asing melintas dekat di Gili Trawangan, Lombok Utara, NTB,

Photo :
  • vstory

"Tugasnya nanti bersama-sama menyepakati segala aturan-aturan terkait manajemen destinasi, mulai pengaturan masuk wisatawan, manajemen sampah, SOP mitigasi, dan sebagainya," ujarnya. 

Taufan juga berharap pemerintah daerah dapat membuka Gili Hotline yang dapat menjadi media komunikasi 24 jam dengan para wisatawan yang mengadu atau memiliki keluhan saat berada di Gili.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya