Survei LPI: Kepala BIN Jadi Tokoh Paling Berpengaruh Tahun Ini

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA Nasional – Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) merilis hasil survei mengenai tokoh paling berpengaruh di Indonesia di antara para menteri dan kepala lembaga negara sepanjang tahun 2022. Setidaknya ada 10 menteri atau kepala lembaga negara yang masuk kategori tokoh paling berpengaruh dalam survei LPI ini.

Kisah Heroik Anggota TNI Keturunan Tionghoa Tak Bocorkan Rahasia Negara Meski Disiksa Musuh

Pendiri Lembaga Pemilih Indonesia Boni Hargens, mengatakan, tokoh paling berpengaruh nomor satu, ada nama Kepala BIN Budi Gunawan. "Kepala BIN Pak Budi Gunawan mendapatkan skor nilai 2,39 dari skala 0 sampai 4," kata Boni dalam rilis hasil survei bertajuk 'Tokoh Paling Berpengaruh Selama Semester 1 Tahun 2022 Pemerintahan Joko Widodo menurut Pandangan Kelas Menengah' di Metro Coffee Bar, Tanah Abang, Jakarta, Sabtu 17 September 2022.

Budi Gunawan, Ketua Umum PBESI

Photo :
  • Istimewa
OPM Minta TNI Tak Jatuhkan Bom, Ancam Bawa Pilot Susi Air ke Medan Perang

Selain Budi Gunawan, tokoh berpengaruh lainnya adalah Panglima TNI Andhika Perkasa, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Menkopolkam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. 

Boni menegaskan bahwa 10 tokoh yang terbaik ini adalah mereka yang dinilai kalangan menengah intelektual Indonesia sebagai orang-orang yang menjadi tulang punggung Presiden Joko Widodo dalam pelaksanaan pembangunan selama semester awal Tahun Kerja 2022. 

Terungkap, Ini Identitas Pemilik Fortuner Arogan Pelat TNI yang Ngaku Adik Jenderal

"Saya kira publik melihat sendiri bagaimana para tokoh ini bekerja dan berdedikasi selama ini. Wajar jika hasil survei ini memberikan affirmasi yang sepadan terhadap mereka," ujar Boni. 

Lebih lanjut, Boni mengatakan, bahwa Kepala BIN Budi Gunawan adalah sosok yang cerdas, bekerja dalam senyap, dan sangat professional dalam melaksanakan tugasnya baik sebagai kepala BIN maupun sebagai orang dekat Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi dan Kepala BIN Budi Gunawan

Photo :
  • ANTARA

Sementara itu, Peneliti LPI, Febri Wahyuni mengungkapkan nama Budi Gunawan ada di urutan pertama karena indikator pengaruh yang berbasis pada kepiawaian seorang pemimpin dalam dua sub indikator yaitu dalam hal perumusan kebijakan, agenda program sekaligus mengimplementasikannya dan pengaruh pemimpin tersebut dalam menahkodai institusinya. 

"Terhadap dua unsur tersebut, responden menilai sosok Budi Gunawan mempunyai pengaruh positif terhadap sejumlah rumusan program dan agenda BIN. Terutama dalam hal penanggulangan wabah COVID-19 sekaligus mengawal fase transisi dari pandemi ke endemik," ujar Wahyuni.

Survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) ini, bekerja sama dengan Indonesian Publik Institute (IPI), dan Indonesian Club (IC). Survei dilakukan sejak 30 Agustus sampai 12 September 2022 terhadap kelas menengah intelektual, yang terdiri dari para dosen/pakar, peneliti, anggota LSM/NGO dan aktivis/seniman di 34 provinsi. 

Teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah purpose sampling di mana subyek yang dituju sebagai sampel memiliki kriteria khusus seperti profesi dan bidang keilmuan dengan jumlah sampel sebayak 800 responden dengan margin of error sebesar 3,5% dan tingkat kepercayaan 95%.  

Berikut menteri/kepala lembaga negara paling berpengaruh di antaranya:

1. Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan dengan skor 2,39
2. Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dengan skor 2,38
3. Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo dengan skor 2,38 
4. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dengan skor 2,38
5. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dengan skor 2,38
6. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan skor 2,35
7. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan 2,35 skor
8. Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan skor 2,34 
9. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dengan skor 2,33 
10. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan skor 2,32

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya