Tak Hanya Gunting Pita, Pembangunan Era Jokowi Dinilai Alami Lonjakan

Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan jalan Tol Semarang-Demak.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA Nasional – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyoni (AHY) secara tersirat menuding pemerintahan era Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya sekedar meresmikan infrastruktur yang dibangun di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Banjir Ucapan Ultah, Jokowi: Terima Kasih, Kehangatan dan Dukungan Sangat Berarti

Pengamat kebijakan publik, Trubus Rahadiansyah menilai tudingan tersebut tidak tepat. Dia justru mengapresiasi kerja Jokowi selama ini meski dengan anggaran terbatas.

"Kalau dikatakan sebagai penggunting pita juga tidak benar karena Jokowi dengan susah payah, waktu yang terbatas, dan anggaran yang terbatas mampu menyelesaikan dengan tepat, sehingga kepuasan publik sangat besar," ujar Trubus kepada wartawan.

Berpakaian Beskap Jawa, Presiden Jokowi jadi Saksi Akad Nikah Keponakannya

Presiden Jokowi Meninjau Pembangunan Tunnel 2 Kereta Cepat Jakarta Bandung

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Trubus berkata data menunjukkan di era Jokowi pembangun Infrastuktur mengalami lompatan kemajuan yang besar. Sementara di era SBY pembangunan infrastruktur selama 10 tahun tak banyak kemajuan.

HUT Jakarta ke-497, Heru Budi: Perayaan Terakhir Sandang Status Ibu Kota Negara

"Bahkan berbagai pembangunan unggulan justru mangkrak seperti hambalang dan rencana pembangunan jembatan selat sunda yang sudah groundbreaking dengan anggaran APBN ternyata tidak berlanjut," ujarnya.

Berdasarkan data, SBY hanya membangun jalan tol sepanjang 189,2 km sejak 2004 hingga 2019. Sedangkan Jokowi, telah membangun jalan tol sepanjang 1.762,3 km sejak menjabat pada tahun 2014. Bahkan, 750 km jalan tol lagi ditargetkan selesai pada 2024.

Presiden Jokowi tinjau pembangunan runway ketiga Bandara Soekarno Hatta

Photo :
  • VIVA/Agus Rahmat

Kemudian, tercatat memang ada 18 bendungan mulai konstruksi di era SBY. Namun, seluruhnya diselesaikan di era Jokowi. Jokowi juga diketahui membangun 12 bendungan sejak menjabat. Jika diakumulasi, ada 30 bendungan yang selesai dibangun di era jokowi. Di era Jokowi, ditargetkan juga ada 27 bendungan lagi hingga 2024.

Selanjutnya, tercatat ada 24 bandara dibangun di era SBY. Sedangkan di era Jokowi sebanyak 29 bandara. Jokowi bahkan diketahui menargetkan bakal ada 9 bandara baru maupun revitalisasi hingga 2024.

Selain itu, 316.590 km jalan desa selesai konstruksi di era Jokowi. Capaian infrastruktur desa yang ada di era Jokowi, antara lain 1.597.539 m jembatan; 1.474.544 unit air bersih desa; 501.054 unit irigasi desa; 12.297 pasar desa, dan 42.357 posyandu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya