BIN: Berita Penyalahgunaan Anggaran untuk Investasi Adalah Hoax!

Logo Badan Intelijen Negara (BIN).
Logo Badan Intelijen Negara (BIN).
Sumber :

VIVA Nasional – Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Hari Purwanto menegaskan informasi atau berita tentang pengelolaan anggaran BIN yang digunakan untuk investasi adalah berita bohong atau hoax. Menurut dia, BIN yang dikepalai Jenderal (Purn) Budi Gunawan pengelolaan dananya sudah akuntabel berdasarkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Berita penyalahgunaan anggaran BIN untuk investasi adalah hoax,” kata Wawan melalui keterangan tertulis, Senin, 19 September 2022.

Juru Bicara BIN Wawan Hari Purwanto.

Juru Bicara BIN Wawan Hari Purwanto.

Photo :
  • Antara/ Jefri Aries

Ia menjelaskan pengelolaan anggaran APBN di pemerintah dilaksanakan dengan berbasis kinerja, sehingga peruntukan penggunaan anggaran harus berbasis program kerja pada setiap Satker dan Unit kerja yang ditetapkan setiap tahunnya.

“Serta alam pelaksanan anggaran tersebut dilakukan pengawasan oleh pihak internal (Inspektorat) dan eksternal (BPK, BPKP dan pihak-pihak terkait),” ujarnya.

Selanjutnya, Wawan mengatakan dalam pengelolaan APBN di instansi pemerintah sudah diatur pejabat perbendaharaan yang mengelolanya setiap awal Tahun Anggaran antara lain Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), bendaharawan dan sebagainya. Sehingga, tidak mungkin dikelola oleh perorangan.

“Jika dikelola perorangan akan dikomplain para Kasatker dan Kepala Unit Kerja yang bertanggung jawab terhadap capaian program dan kinerja,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
img_title