Jenazah Azyumardi Azra Disalatkan di UIN Syarif Hidayatullah Pagi Ini

Kepulangan jenazah Almarhum Azyumardi Azra di Bandara Soetta.
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA Nasional – Jenazah almarhum Ketua Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra telah tiba di rumah duka di Perum Puri Laras II, Tangerang Selatan pada Senin, 19 September 2022 sekitar pukul 23.57 WIB.

Polri: Pengemudi GranMax Kecelakaan Maut KM 58 Alami Microsleep

Berdasarkan pantauan VIVA melalui tayangan tvOne, jenazah Azyumardi Azra langsung dibawa masuk ke halaman rumah duka oleh beberapa pihak keluarga.

Sebelum memasuki rumah duka yang menjadi tempat persemayaman terakhir, salah satu pihak keluarga sempat menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendoakan mendiang Azyumardi Azra.

Tangis Keluarga Pecah saat Terima 12 Jenazah Korban Kecelakaan Maut KM 58

Tak luput, ia juga menjelaskan bahwa jenazah Azyumardi Azra akan disemayamkan sampai pukul 06.30 WIB. Persemayaman ini dikhususkan bagi pihak keluarga dan kerabat, sementara awak media dimohon untuk tidak memasuki ruang persemayaman.

"Malam ini jenazah akan disemayamkan di kediamannya. Untuk malam ini, dengan segala hormat, (awak media) mohon untuk tidak masuk ke ruang persemayaman," kata salah satu pihak keluarga mendiang Azyumardi Azra, Selasa, 20 September 2022.

12 Korban Kecelakaan Maut di KM 58 Tol Japek Teridentifikasi, Ini Daftarnya

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Photo :
  • uinjkt.ac.id

Setelah proses persemayaman selesai, jenazah Azyumardi Azra akan dibawa ke Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah untuk disalatkan. Selanjutnya, jenazah akan diberangkatkan menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

"Proses selanjutnya adalah pagi pukul 06.30 WIB kita berangkatkan (jenazah Azyumardi Azra) ke UIN Syarif Hidayatullah untuk kita sholati dan doakan. Kemudian poses selanjutnya dari UIN, diberangkatkan ke TMP Kalibata, dipersilakan pagi nanti kita bersama-sama mendoakan dan menyalatkan almarhum," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Azyumardi Azra meninggal dunia setelah sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit di Selangor, Malaysia. 

Jenazah Azyumardi Azra diinformasikan akan diberangkatkan dari Kuala Lumpur, Malaysia dengan pesawat komersil Batik Air pada Senin 19 September 2022 pukul 20.45 waktu Malaysia dan tiba di Bandara Soetta, Tangerang pada malam hari.

Wakil Presiden RI ke-12, Jusuf Kalla tiba di Human Remains atau Terminal Kargo Jenazah Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin, 19 September 2022. JK – akrabnya disapa – datang untuk menjemput kedatangan jenazah almarhum Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra.

JK tiba dengan mengenakan baju berwarna putih dan juga peci berwarna hitam. Kasat Lantas Polres Bandara Soetta, Kompol Bambang Askar Sodiq mengatakan, Jusuf Kalla tiba pada pukul 21.30 WIB.

"Beliau tiba di Human Remains pukul 21.30 WIB dan langsung masuk ke ruangan," kata Bambang kepada VIVA.

Rencananya, pada Selasa, 20 September 2022 pagi, jenazah Azyumardi Azra akan dimakamkan di Blok Z, Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta dengan upacara resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya