Anies Kenang Azyumardi Azra: Tasnya Kecil, Ilmunya Paling Banyak

Tangkapan layar - Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra ketika membuka acara P
Sumber :
  • ANTARA/Putu Indah Savitri

VIVA Nasional – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan Prof. Azyumardi Azra selama masa hidupnya menjadi pribadi yang banyak menyentuh masyarakat. Selain itu, kata dia, almarhum Prof. Azra juga pribadi yang konsisten dan dalam menjaga Indonesia agar tetap maju dan demokrasi. 

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

"Baru saja kita selesai salat jenazah di auditorium Prof. Harun Nasution kompleks UIN Jakarta. Begitu banyak kolega, umat, masyarakat, yang hadir ikut menyalatkan. Almarhum adalah pribadi yang konsisten dalam menjaga agar Indonesia kita tetap negeri yang maju dan demokrasi, yang terkonsolidasi," ujar Anies dalam keterangannya usai salat jenazah di UIN Jakarta, Selasa 20 September 2022.

Jenazah Azyumardi Azra disolatkan di Kampus UIN Ciputat

Photo :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham
40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Anies menambahkan bahwa, Prof. Azra senantiasa menyampaikan ilmu-ilmu yang berkualitas serta menyampaikan pikiran-pikiran yang mengganggu demokrasi di Indonesia. Kampus UIN, lanjut Anies, menjadi salah satu bukti nyata atas pengabdian Prof. Azra.

"Beliau terus-menerus dalam berbagai tulisan, kuliah menyampaikan pentingnya menjaga agar demokrasi kita terus berkualitas. Serta beliau tidak segan untuk melontarkan pikiran-pikiran yang mungkin kurang nyaman bagi mereka yang mengganggu demokrasi kita," kata Anies. 

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

"Salah satu yang kita semua ingat kalau beliau pergi ke mana-mana tasnya paling kecil. Bawaaanya paling sedikit, tapi ilmunya paling banyak. Jadi kalau diskusi paling banyak. Tapi kalau bawa apa-apa selalu simpel," sambungnya.

Jenazah Azyumardi Azra diberangkatkan ke TMP Kalibata, Jakarta

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Sebagai informasi, Jenazah Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra, telah tiba di tanah air melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin, 19 September 2022.

Dilansir Breaking News tvOne, terdapat setidaknya 10 mobil yang ikut mengantar jenazah Azyumardi Azra dari bandara menuju rumah duka. Diperkirakan, perjalanan dari bandara hingga rumah duka mencapai 45 menit.

Nantinya, jenazah Azyumardi Azra akan disemayamkan terlebih dahulu sebelum keesokan hari, pada Selasa, 20 September 2022 sekitar pukul 06.00 WIB akan disalatkan di auditorium di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Selanjutnya, jenazah akan dibawa ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Prosesi salat jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra berlangsung di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta. Jenazah tiba pukul 06.25 pagi dan langsung dilakukan shalat jenazah bersama masyarakat sekitar. 

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, para warga juga ikut hadir. Selain itu, tampak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko pun turut salat jenazah Prof Azyumardi Azra Selasa pagi, 20 September 2022.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya