KSP Moeldoko Sampaikan Duka Mendalam Atas Wafatnya Azyumardi Azra

Pemakaman Azyumardi Azra di TMP Kalibata
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mewakili negara menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra. Moeldoko juga hadir dalam salat jenazah di Auditorium Harun Nasution, UIN Jakarta.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

"Saya mewakili negara, saya selaku Kepala Staf Kepresidenan RI. Dengan ini negara menyampaikan duka yang sedalam-dalamnya atas wafatnya saudara kita almarhum Azyumardi Azra," ujar Moeldoko di kampus UIN Jakarta, Selasa 20 September 2022.

Moeldoko menyebutkan, kehadirannya mewakili negara untuk memberi penghormatan terakhir kepada mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut. 

Kenang Sosok Mooryati Soedibyo, Nadia Mulya: Kartini Modern

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Photo :
  • Dokumentasi KSP.

"Dan apabila beliau ada kesalahan, mari kita maafkan. Kita doakan agar beliau almarhum masuk surga. Sekali lagi atas nama negara, kami mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya," ujar Moeldoko.

Suasana Rumah Duka Mooryati Soedibyo, Dipenuhi Pelayat dan Karangan Bunga

Diketahui, kabar duka datang dari dunia pers dan akademis. Ketua Dewan Pers yang juga mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Dr Azyumardi Azra meninggal dunia

Informasi ini dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya. "Innalillahi wa innailaihi rojiun, telah berpulang ke ramhatullah orang tua kita, guru kita, ayahanda kita, pimpinan kita Azyumardi Azra," kata dia saat dikonfirmasi, Minggu, 18 September 2022.

Pemakaman Azyumardi Azra di TMP Kalibata

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Azyumardi Azra mengalami sesak napas saat berada di dalam pesawat untuk menuju Malaysia. Hal itu disampaikan oleh Widi Agoes Pratikto yang merupakan guru besar Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS Surabaya dalam pernyataannya. 

"Bapak Prof Azyumardi Azra, beliau mengalami sesak napas di pesawat dalam perjalanan ke Malaysia," kata Widi pada Jumat, 16 September 2022.

Dalam pernyataannya yang sama, dia menambahkan bahwa Azyumardi telah dibawa ke rumah sakit di Malaysia. Pada foto yang menampilkan Azyumardi di dalam pesawat, dia terlihat mengenakan kantong oksigen untuk membuat keadaannya tetap stabil.

Dosen ITS Surabaya ini juga menyampaikan doa bagi keluarga Azyumardi, untuk diberikan kesabaran dalam menjaga beliau. Azyumardi Azra  diketahui merupakan seorang akademisi Muslim asal Indonesia, yang juga dikenal sebagai cendekiawan muslim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya