Kenang Prof Azyumardi Azra, AHY: Kita Kehilangan Sosok Cendekiawan

AHY Saat Menghadiri Pemakaman Azyumardi Azra
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan penghormatan terakhir pada saat upacara pemakaman Ketua Dewan Pers, Prof Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Selasa, 20 September 2022.

Soal Koalisi Besar, AHY Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Matang

Usai mengikuti proses upacara pemakaman, AHY mengatakan, dengan kepergian Prof Azyumardi Azra, Indonesia telah kehilangan sosok cendekiawan.

“Kita semua kehilangan cendekiawan muslim Indonesia yang begitu melegenda. Beliau telah meninggalkan banyak sekali legacy terutama pemikiran ide-ide besar yang selalu menyejukkan,” kata AHY di lokasi.

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

Jenazah Azyumardi Azra dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Photo :
  • VIVA/ Riyan Rizky.

AHY menilai tulisan-tulisan yang dikerjakan Azyumardi Azra semasa hidupnya sudah mendunia. Ia pun mengaku selama mengenyam pendidikan sering membaca tulisan mantan rektor UIN Jakarta itu. Putra dari Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyo (SBY) itu pun menyebutkan satu tulisan yang diingatnya adalah demokrasi Islam di Indonesia.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

“Saya sendiri mengenang beliau tentunya selain juga tokoh Pers Indonesia, tulisan-tulisannya juga kelas dunia. Waktu saya kuliah, saya juga sering membaca tulisan beliau bagaimana demokrasi Islam dan Indonesia ini bisa menjadi role model bagi negara-negara demokrasi lainnya,” ucapnya.

AHY menambahkan, “Di dunia terutama yang kita tahu sangat beragam seperti Indonesia ini dan tentunya nilai-nilai keislaman sangat kompetibel dengan demokrasi yang baik dan bermartabat."

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Photo :
  • VIVA.co.id/Willibrodus

Lebih lanjut, kakak dari Eddie Baskoro Yudhoyono itu menyebutkan, Partai Demokrat sebelumnya sudah menjadwalkan pertemuan dengan Azyumardi Azra. Namun hal itu urung terjadi lantaran almarhum sudah lebih dahulu berpulang kepada Sang Pencipta.

“Sebetulnya sudah diagendakan, saya melakukan audiensi dengan Dewan Pers termasuk juga dengan beliau. Oleh karena itu saya kaget sekali mendengar beliau berpulang di Malaysia yang tadinya kami merencanakan bertemu minggu ini,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Dewan Pers, Prof. Azyumardi Azra menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu, 18 September 2022 di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia.

Sebelum meninggal, Azyumardi Azra sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Serdang, Malaysia setelah sesak nafas saat dalam penerbangan dari Jakarta menuju Kuala Lumpur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya