Siapa Penyebar Tabloid Anies di Masjid Kota Malang?

Tabloid yang menulis pencitraan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • Istimewa/Lucky Aditya

VIVA Nasional – Takmir Masjid Al-Amin di Jalan Pelabuhan Tanjung Perak, Kelurahan Bakalankrajan, Sukun, Kota Malang tidak mengetahui sosok penyebar tabloid berisi tentang segudang prestasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Tabloid itu dibagikan pada jemaah saat salat Jumat pada 16 September 2022.

Update Real Count KPU 76,60%: Prabowo-Gibran 58,83%, Amin 24,34%, Ganjar-Mahfud 16,83%

Ketua Takmir Masjid Sugeng Riyadi mengatakan seharusnya penyebaran lembaran maupun tabloid di Masjid Al Amin harus memiliki izin dari pihak takmir. Dia mengaku tidak mengetahui sosok penyebar tabloid yang kini justru membuat heboh publik karena dilakukan di masjid.

Masjid tempat penyebaran tabloid Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya
Viral Lagi, Dialog Imajiner Anies dan Bung Hatta: Integritas Hari Ini Jadi Barang Mewah

Kebetulan juga pada pekan lalu karena sebuah urusan pekerjaan dia menunaikan ibadah salat jumat di masjid daerah lain. Sehingga kronologis hingga penyebar tabloid dia tidak mengerti secara detail.

"Kami tidak tahu semua itu, saya sedang kerja saat itu. Kemudian yang menyebarkan siapa kami sebenarnya juga tidak tahu. Tapi aturan disini, semua harus seizin ketakmiran. Kalau takmir tidak mengizinkan ya gak boleh menyebar itu," kata Sugeng, Selasa, 20 September 2022.

5 Fakta Pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah Dibubarkan GP Ansor di Surabaya

Sugeng Riyadi menuturkan, bahwa dalam kasus ini takmir masjid sama sekali tidak menerima permohonan izin dari pihak manapun soal penyebaran tabloid kepada jamaah masjid tersebut. Dengan kejadian ini takmir masjid bakal lebih berhati-hati dan lebih ketat mengawasi penyebaran lembaran apapun.

Isi tabloid Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya

"Kami benar benar tidak tau, kami juga tidak pernah menerima apapun soal itu. Tentu kedepan kami akan memperketat pengawasan soal penyebaran lembaran di sini. Karena pihak ketakmiran sama sekali tidak tahu soal taboid taboid itu," ujar Sugeng.

Sebelumnya, viral di media sosial twitter tentang menyebarnya tabloid yang berisi sepak terjang dan prestasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Postingan itu pertama kali diunggah oleh akun bernama @AkuAtikaFaya pada Minggu, 18 September 2022.

"Kaget di rumah ada tabloid kek gini, isinya cuma tentang @aniesbaswedan. Oalah, taunya suami dapet dari masjid pas Jumat kemarin. Keknya model kampanye lewat masjid di Pilkada DKI kemarin mulai dilakukan. Ini di Malang lo guys, gimana ditempat kalian ada juga kah," tulisnya.

Tabloid berisikan pencitraan Anies Baswedan tersebar di Masjid Kota Malang.

Photo :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

Sementara itu, dalam tabloid 12 halaman itu terlihat jelas gambar Anies Baswedan dengan judul "Mengapa Harus Anies?" pada bagian cover tabloid. Lalu beranjak pada halaman dari redaksi tertulis judul "Antara ARB dan ABW, 'Anies' sajalah".

Kemudian di halaman utama tertulis sejumlah rekor sejumlah penghargaan untuk DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies. Serta deretan prestasi Anies mulai 2018 hingga 2022 ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya