Karier Melejit Ferdy Sambo di Era Tito Karnavian dan Idham Azis

Irjen Ferdy Sambo
Irjen Ferdy Sambo
Sumber :
  • Humas Polri

VIVA Nasional – Ferdy Sambo memiliki karier begitu melejit di kepolisian pada era kepemimpinan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Jenderal Idham Azis. Ferdy Sambo menjadi polisi termuda yang menjabat Kepala Divisi Propam Polri dengan pangkat Inspektur Jenderal Polisi.

Ferdy Sambo merupakan pria kelahiran Barru, Sulawesi Selatan pada 9 Februari 1973. Saat ini, ia berusia 49 tahun. Dia menikah dengan drg. Ny. Putri Candrawathi dan dikaruniai empat orang anak.

Ferdy Sambo lahir dari orang tua yang bukan anggota polisi. Sebelumnya sempat viral bahwa ayah Ferdy Sambo adalah Mayor Jenderal Pol Pieter Sambo, yang merupakan mantan Kapolda Sumatera Utara pada tahun 1986 dan pernah menjadi calon kuat Kapolri. Tetapi belakangan disebutkan, Pieter Sambo adalah paman dari Ferdy. Sementara, ayah kandung Ferdy Sambo adalah seorang PNS di Dinas Peternakan, Kota Makassar.  

Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Mengawali sebagai Perwira Pratama pada 1994, karir Ferdy Sambo semakin meroket hingga menjadi Irjen Pol bintang dua. Ia mengawali pendidikannya di Akademi Kepolisian (Akpol) dan lulus pada 1994.

Lalu, Sambo melanjutkan pendidikan PTIK (2003), SESPIM (2008) dan SESPIMTI (2018). Karier Sambo pun terbilang cukup moncer di Kepolisian, Ia pernah penjabat sebagai Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) pada 2010, lalu Kapolres Purbalingga pada 2012, Kapolres Brebes pada 2013. 

Setelah itu, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse kriminal Umum (Waditreskrimum) Polda Metro Jaya pada 2015.

Halaman Selanjutnya
img_title