Ganjar Ajak Provinsi Ridwan Kamil Kendalikan Inflasi di Perbatasan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menerima kunjungan saat menerima kunjungan Sekretariat Kerja Kunci Bersama di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Rabu, 21 September 2022.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap kabupaten/kota di wilayah perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat dapat bekerja sama dalam mengendalikan inflasi, terutama terkait komoditas yang bisa mendorong inflasi seperti volatile food.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

"Area ini menjadi penting untuk mereka saling support agar mereka yang berdagang di wilayah itu, berbagai komoditas yang bisa mendorong inflasi bisa dikendalikan bersama," kata Ganjar saat menerima kunjungan Sekretariat Kerja Kunci Bersama di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Rabu, 21 September 2022.

Ia merinci, setidaknya ada sembilan kabupaten/kota di wilayah itu yang tergabung dalam Sekretariat Kerja Kunci Bersama, yaitu Brebes dan Cilacap serta tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat, diantaranya Cirebon, Kuningan, Ciamis, Kota Banjar, dan Pangandaran. Daerah-daerah itu diharapkan dapat menyampaikan potensi masing-masing agar kemudian dapat direspons oleh masing-masing kabupaten/kota.

Harga Pangan Naik Gegara Perang Israel Vs Iran?

Ridwan Kamil

Photo :
  • Instagram @ataliapr

"Tadi juga akan mengajak Kota Tegal dan kabupaten untuk bisa terlibat. Mudah-mudahan banyak manfaat yang bisa diciptakan, khususnya yang terkait dengan urusan kemasyarakatan di wilayah perbatasan," kata Ganjar.

Terungkap Perbedaan Alasan Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad yang Putuskan Adopsi Anak

Wilayah di daerah perbatasan itu, katanya. memiliki banyak kemiripan secara etnis. Wilayah Jawa Tengah sisi barat masih ada yang secara etnis dekat dengan Sunda dan sisi bagian timur Jawa Barat juga masih ada etnis Jawa.

Kerja sama di area itu mendorong penyelesaian banyak hal, misalnya infrastruktur, perhubungan, lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan desa, kata Ganjar.

Ilustrasi pendorong inflasi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Dia memberi contoh, kerja sama daerah di wilayah perbatasan juga ditunjukkan saat penanganan COVID-19. Masing-masing daerah memiliki kesadaran untuk menyelesaikan masalah kemasyarakatan tanpa banyak mempertimbangkan kedaerahannya.

Bupati Kuningan sekaligus Ketua Sekretariat Kerja Kunci Bersama Acep Purnama setujun dengan kerja sama di wilayah perbatasan tetsebut. Ia memberi contoh bagaimana memanfaatkan ruang-ruang yang bisa menurunkan inflasi.

"Di Kuningan itu kan ada pabrik tape ketan, tapi untuk beras ketan kita ambil dari Brebes dan daerah lain. Lalu di Brebes ada lahan dan produksi bawang merah, sedangkan di Kuningan ada pabrik bawang goreng," ujarnya.

Teguh Joko Sutrisno/Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya