Ombudsman Bakal Klarifikasi Irwasum Soal Jet Pribadi Brigjen Hendra

Gedung Ombudsman Republik Indonesia (ORI)
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA Nasional – Anggota Ombudsman RI (ORI) Johanes Widijantoro mengatakan pihaknya akan meminta klarifikasi Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto terkait dua orang sipil diduga menyediakan jet pribadi untuk Brigadir Jenderal Hendra Kurniawan saat mengunjungi rumah keluarga Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Ombudsman: Bunga Investasi yang Sangat Tinggi Itu 99,9 Persen Penipuan

"Prinsipnya, ORI akan mempertanyakan ke Irwasum atas masalah tersebut dan mendorong Polri profesional dalam kasus itu. Kami di internal sedang mempersiapkannya," kata Johanes saat dihubungi wartawan pada Rabu, 21 September 2022.

Menurut dia, penyediaan jet pribadi terhadap mantan Kepala Biro Paminal Divisi Propam Polri Brigjen Hendra tentu bukan hal yang dapat dimaklumi. Namun, pihaknya perlu melakukan pendalaman lebih lanjut.

Menpan-RB Sebut Calon Kepala Daerah Tak Bisa Jual Janji Angkat ASN

"Patut diduga itu tidak wajar. Soal penyalahgunaan wewenang mesti didalami dulu," ujarnya.

Brigjen Hendra Kurniawan dan Seali Syah dengan mobil Honda Civic Turbo

Photo :
  • Screenshoot Instagram
Ombudsman Usul Seleksi CASN Ditunda, KASN Klaim Sistem Rekrutmen Sudah Transparan

Brigjen Hendra menggunakan jet pribadi bersama Kombes Agus Nurpatria, Kombes Susanto, AKP Rifazal Samual Bripd Fernanda, Briptu Sigit, Briptu Putu dan Briptu Mika untuk berangkat ke kediaman keluarga Brigadir J di Jambi atas perintah Irjen Ferdy Sambo pada Senin, 11 Juli 2022.

Polri membuka suara terkait eks Karo Paminal Propam Polri, yakni Brigadir Jenderal Hendra Kurniawan, yang berangkat ke kediaman keluarga Brigadir J di Jambi menaiki jet pribadi atau private jet.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan hal tersebut termasuk dalam ranah Pembinaan dan Pengawasan Profesi Divpropam Polri.

Seali Syah dan Brigjen Hendra Kurniawan

Photo :
  • Instagram @sealisyah

Ketua IPW Sugeng Teguh Santosa mengatakan pihaknya meminta timsus bentukan Kapolri untuk mengusut orang-orang yang memberikan jasa private jet yang membawa Brigjen Hendra Kurniawan dari Jakarta ke Jambi rumah Brigadir J.

Dari penelusuran Sugeng, dia menyebut ada dua orang sipil yang diduga terlibat di konsorsium 303 Ferdy Sambo yang punya jet pribadi tersebut dan dipinjamkan ke Hendra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya