Ketua Umum PBNU Undang Jokowi Hadiri Forum R20 di Bali

Ketua Umum PBNU yang baru Yahya Staquf menemui Presiden Jokowi di Istana Bogor.
Sumber :
  • VIVA/ Anwar Sadat.

VIVA Nasional - Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf, bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada Kamis, 22 September 2022. Gus Yahya melaporkan kepada Presiden Jokowi untuk kegiatan puncak peringatan 1 abad lahirnya Nahdlatul Ulama yang akan jatuh pada 16 Rajab 1444 Hijriah, bertepatan 7 Februari 2023.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

9 Klaster Kegiatan

"Menuju puncak peringatan tersebut, ada rangkaian kegiatan, 9 klaster kegiatan yang di antaranya adalah kegiatan NU Women, kegiatan NU Technology, kegiatan festival seni tradisional Islam nusantara, dan juga beberapa kegiatan internasional," kata Gus Yahya di Istana Kepresidenan.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Forum Religion20

Menurut dia, salah satu kegiatan internasional yang akan digelar itu forum pemimpin-pemimpin agama dunia dalam rangkaian forum G20 yaitu R20 atau Religion20. Rencananya, forum tersebut akan diselenggarakan dua pekan sebelum KTT G20, tepatnya pada 2-3 November 2022 di Nusa Dua, Bali.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

"Kami memohon kesediaan presiden untuk hadir memberikan arahan dan membuka secara resmi forum R20 tersebut," ujarnya.

Tentu, Gus Yahya berharap forum R20 akan menghasilkan sejumlah kesepakatan para pemimpin agama tentang cara pandang bersama, sehingga agama bisa menjadi bagian dari solusi berbagai masalah global. Apalagi, saat ini masih banyak masalah di berbagai belahan dunia yang berakar dari agama.

Ketum PBNU Gus Yahya Cholil Staquf

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Mudah-mudahan ini akan menjadi inspirasi bagi kehidupan antaragama secara global, karena topik utama dari forum R20 ini adalah bagaimana upaya para pemimpin-pemimpin agama ini untuk menjadikan agama berhenti sebagai bagian dari masalah dan mulai menjadi bagian dari solusi," kata dia.

Jokowi Akan Hadir

Dalam forum R20, Gus Yahya menyebut akan hadir sejumlah pemuka agama dunia antara lain Sekretaris Jenderal Rabithah Alam Islami atau Liga Muslim Dunia Muhammad bin Abdul Karim Al Issa, Presiden Pontifical Council for Interreligious Dialogue dari Vatikan Kardinal Miguel Ayuso, hingga Sekretaris Jenderal World Evangelical Alliance Pendeta Thomas Schirrmacher.

"Bapak presiden mengatakan berkenan untuk hadir. Insya Allah, kami juga akan mengundang beberapa tokoh yang di samping merupakan tokoh agama, juga pemimpin negara, seperti Raja Norodom Sihamoni dari Kamboja. Insya Allah, nanti beliau akan hadir dalam kapasitas sebagai salah seorang pemimpin agama Buddha, tokoh agama Buddha," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya