Ketua Umum PBNU Undang Jokowi Hadiri Forum R20 di Bali

Ketua Umum PBNU yang baru Yahya Staquf menemui Presiden Jokowi di Istana Bogor.
Ketua Umum PBNU yang baru Yahya Staquf menemui Presiden Jokowi di Istana Bogor.
Sumber :
  • VIVA/ Anwar Sadat.

VIVA Nasional - Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf, bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada Kamis, 22 September 2022. Gus Yahya melaporkan kepada Presiden Jokowi untuk kegiatan puncak peringatan 1 abad lahirnya Nahdlatul Ulama yang akan jatuh pada 16 Rajab 1444 Hijriah, bertepatan 7 Februari 2023.

9 Klaster Kegiatan

"Menuju puncak peringatan tersebut, ada rangkaian kegiatan, 9 klaster kegiatan yang di antaranya adalah kegiatan NU Women, kegiatan NU Technology, kegiatan festival seni tradisional Islam nusantara, dan juga beberapa kegiatan internasional," kata Gus Yahya di Istana Kepresidenan.

Forum Religion20

Menurut dia, salah satu kegiatan internasional yang akan digelar itu forum pemimpin-pemimpin agama dunia dalam rangkaian forum G20 yaitu R20 atau Religion20. Rencananya, forum tersebut akan diselenggarakan dua pekan sebelum KTT G20, tepatnya pada 2-3 November 2022 di Nusa Dua, Bali.

"Kami memohon kesediaan presiden untuk hadir memberikan arahan dan membuka secara resmi forum R20 tersebut," ujarnya.

Tentu, Gus Yahya berharap forum R20 akan menghasilkan sejumlah kesepakatan para pemimpin agama tentang cara pandang bersama, sehingga agama bisa menjadi bagian dari solusi berbagai masalah global. Apalagi, saat ini masih banyak masalah di berbagai belahan dunia yang berakar dari agama.