Dedengkot KNPB Timika Diduga Pasok Amunisi untuk KKB

Aparat gabungan TNI-Polri sisir sarang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Intan Jaya Papua.
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan (Papua)

VIVA Nasional – Tim Satgas Penegakan Hukum Damai Cartenz dan Polres Mimika, Jumat malam, 23 September 2022, menangkap Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Timika, berinisial YA, di Timika, Kabupaten Mimika, Papua.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

"Memang benar Ketua KNPB Timika, YA, ditangkap terkait dugaan keterlibatan pemasokan amunisi untuk KKB (kelompok kriminal bersenjata) yang saat ini masih diperiksa penyidik di Polres Mimika di Timika," kata Direktur Kriminal Umum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani, dilansir dari ANTARA.

Ketika dihubungi melalui telepon selulernya dari Jayapura, Faizal mengatakan, penangkapan terhadap Ketua KNPB Timika itu hasil dari pengembangan setelah dua anggota KNPB ditangkap di Timika.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Sejumlah orang dijuluki sebagai kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. (Ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA

Dua anggota KNPB yang ditangkap itu merupakan anggota KKB kelompok Intan Jaya, yakni MK dan BK.

BMKG Temukan Ketebalan Tutupan Es di Papua Berkurang 4 Meter

Awalnya tim menangkap MK di kawasan Djayanti, Kamis, beserta 113 butir amunisi dengan berbagai kaliber dan satu air soft gun jenis revolver. Amunisi yang diamankan terdiri dari 95 butir amunisi kaliber 5,56 mm dan 18 butir amunisi V2 sabhara karet. Pada Jumat siang, tim menangkap BK di kawasan SP 5, ujar Faizal.

Pembakaran sejumlah fasilitas umum di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin, 13 September 2021 diduga dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Photo :
  • ANTARA

Penangkapan terhadap YA, yang menjabat Ketua KNPB Timika, karena dari hasil pemeriksaan terungkap amunisi itu diperoleh dari YA. Belum dipastikan dari mana YA mendapatkan amunisi tersebut.

Sesuai hasil pemeriksaan, keduanya merupakan anggota KKB kelompok Intan Jaya yang dipimpin Undius Kogoya. Keduanya hingga kini masih dalam pemeriksaan penyidik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya